Teliti Memilih Minum Obat Bronkitis atau Pergi ke Dokter

obat bronkitis untuk redakan gejala batuk

Bronkitis merupakan kondisi saat saluran bronkial yang membawa udara dari dan ke paru-paru mengalami peradangan. Inflamasi yang terjadi ini kerap kali bermula dari masalah saluran pernapasan lain, yang pada akhirnya berpengaruh ke paru-paru. 

Penderita bronkitis umumnya akan mengalami gejala awal seperti batuk berdahak ataupun hidung tersumbat. Pada tahap-tahap awal ini, sebenarnya penyakit tersebut bisa ditangani dengan beberapa penanganan di rumah sekaligus konsumsi obat bronkitis yang dijual bebas. 

Obat bebas seperti ibuprofen, aspirin, maupun asetaminofen dapat menjadi pilihan guna membantu mengurangi gejala bronkitis di tahap awal pada orang dewasa khususnya. Akan tetapi jika sudah masuk tahap akut bahkan kronis, tentu penanganan lebih lanjut ke dokter sangat diperlukan. 

Pahami Gejala Bronkitis 

Gejala bronkitis akut maupun kronis umumnya tidak jauh berbeda dengan gejala awal, namun dengan tingkat keparahannya yang lebih tinggi. Penderita bronkitis baik akut umumnya akan mengalami gejala-gejala di bawah ini sampai 10 hari lebih. Sementara pada pasien bronkitis kronis, gejala-gejala ini akan sering muncul dan hilang. Berikut adalah beberapa gejala bronkitis yang harus dipahami.

  • Batuk

Penderita bronkitis akan terus-menerus mengalami batuk sampai beberapa minggu, bahkan sampai mengeluarkan lendir. 

  • Hidung Tersumbat

Bronkitis merupakan penyakit yang menyerang pernapasan. Penderita penyakit ini cenderung mengalami gejala awal seperti pilek, yakni hidung tersumbat. 

  • Demam dan Menggigil 

Ada kemungkinan penderita bronkitis mengalami demam, namun tidak terlalu tinggi. Demam akan diikuti oleh rasa dingin yang membuat menggigil. 

  • Sesak Napas 

Peradangan di bronkia paru-paru akan membuat aliran oksigen tersumbat dan membuat penderita bronkitis cenderung merasa sakit dada dan sesak napas. 

  • Sakit Kepala 

Penderita bronkitis akan merasa sakit kepala karena aliran oksigen yang tidak lancar berpengaruh pula sampai ke otak. 

Waktu Tepat Bertemu Dokter

Berbagai gejala bronkitis di atas mungkin sangat mirip dengan beragam jenis penyakit lain. Anda pun mungkin akan merasa bingung mengenai waktu yang tepat untuk menemui dokter ketika mengalami gejala-gejala tersebut. Karena bagaimanapun, gejala-gejala di atas bisa saja mereda ketika diberi obat bronkitis yang dijual bebas di pasaran. 

Namun jika Anda mengalami kondisi di bawah ini, artinya sudah tidak ada toleransi. Anda mesti segera menemui dokter dan berkonsultasi untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk peradangan bronkia paru-paru yang Anda alami. 

  • Waktu Terlalu Lama

Umumnya gejala bronkitis akan mereda setelah 10 hari Anda beristirahat ataupun meminum obat bronkitis yang dijual bebas. Namun, ada pula gejala yang terus berlanjut hingga beberapa minggu ke depan. Jika sudah mencapai di atas 3 minggu, Anda mesti segera memeriksakan diri ke dokter. 

  • Insomnia 

Rasa tidak nyaman di dada akibat kurang lancarnya oksigen dari dan ke paru-paru sebenarnya tidak terlalu mengganggu waktu tidur Anda. Namun jika sudah dalam tahap parah, sangat mungkin Anda akan mengalami insomnia atau kesulitan tidur akut. Kondisi ini menyulitkan sebab salah satu penanganan terbaik bagi penderita bronkitis adalah istirahat total. Cobalah mengonsultasikan kondisi ini ke dokter. 

  • Demam Tinggi 

Penderita bronkitis wajar mengalami demam. Namun, demam yang dirasakan umumnya tergolong demam rendah. Jika demam sudah mencapai di atas 38 derajat Celsius, artinya Anda harus bertindak cepat ke dokter sebab peradangan di bronkia paru-paru mungkin sudah parah. 

  • Lendir Berubah Warna 

Salah satu gejala bronkitis adalah batuk terus-menerus bahkan sampai mengeluarkan lendir. Gejala ini umum dialami pasien bronkitis bahkan dalam tahap awal gejala. Namun perhatikan warna lendirnya, jika lendir tersebut tidak berwarna putih bahkan cenderung memiliki bercak merah atau berwarna merah, segeralah ke dokter. Bisa jadi peradangan di bronkia paru-paru sudah menimbulkan pendarahan yang berbahaya bagi keselamatan. 

  • Sesak Napas Parah 

Sesak napas juga merupakan gejala umum bronkitis. Tapi jika Anda sudah terlalu sulit bernapas, segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

***

Jika gejala bronkitis Anda suda sangat parah, obat bronkitis yang dijual bebas tidak akan memberikan pengaruh signifikan terhadap peredaan gejala. Jalan satu-satunya adalah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat sesuai gejala akut yang Anda alami.

Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*