Seperti Apakah Fungsi Ventilator Dalam Prosedur Medis?

Virus Corona atau Covid-19 telah menyebar ke setiap negara. Berbagai gejala dialami oleh manusia akibat virus Corona, salah satunya termasuk gangguan pernafasan. Oleh karena itu, para tenaga medis membutuhkan peralatan khusus berupa ventilator. Fungsi ventilator dapat membuat pasien bertahan lama.

Kebutuhan Ventilator

Kebutuhan ventilator adalah salah satu masalah serius untuk segera ditangani. Di Indonesia sendiri masih mengalami kekurangan persediaan atas alat medis seperti ini. Meskipun demikian, baru-baru ini ada kabar bahwa ventilator akan dirakit di Indonesia.

Ventilator adalah alat yang digunakan untuk membantu pasien Corona dimana mereka mengalami gejala berupa gangguan pernafasan yang cukup parah. Orang-orang yang mengalami gangguan pernafasan bisa mengakibatkan kematian.

Gangguan pernafasan adalah salah satu gejala yang berat akibat virus Corona. Oleh karena itu, setiap rumah sakit perlu menyediakan ventilator, meskipun sebagian besar pasien yang terkena virus Corona mengalami gejala ringan, bahkan tidak disertai dengan gejala apapun.

Virus Corona dapat menular tidak hanya melalui kontak fisik, namun juga melalui udara. Rasio tentang orang yang terkena virus Corona dan membutuhkan alat pernafasan seperti ventilator adalah 1:4.

Kegunaan Ventilator

Kegunaan ventilator adalah untuk memasukkan oksigen ke dalam paru-paru, serta mengeluarkan karbondioksida dari tubuh manusia. Pasien yang menggunakan ventilator punya peluang untuk sembuh dari virus Corona.

Tenaga medis menggunakan tabung untuk menghubungkan mesin ventilator ke tubuh pasien. Udara akan disalurkan melalui tabung dan masuk ke mulut pasien hingga melewati tenggorokan. Pasien yang mengalami gangguan pernafasan parah akan menggunakan ventilator, namun udaranya perlu disalurkan melalui tenggorokan. Oleh karena itu, dokter perlu melakukan pembedahan di bagian tenggorokan pasien.

Ventilator juga perlu diatur sesuai kebutuhan pasien dengan menentukan jumlah nafas per menit. Meskipun ventilator bukan merupakan alat yang dapat menyembuhkan pasien dari virus Corona, alat tersebut dapat membantu pasien bertahan hidup hingga paru-paru pasien kembali normal.

Kurangnya Persediaan Ventilator

Sejumlah upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis. Presiden Joko Widodo juga telah meminta bantuan kepada Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, untuk menyediakan ventilator. Meskipun Indonesia dapat membuat ventilator sendiri, hal tersebut membutuhkan waktu. Selain itu, kebutuhan alat-alat medis meningkat karena jumlah kasus virus Corona di Indonesia terus bertambah.

Jumlah Kasus Virus Corona Di Indonesia

Dengan adanya ventilator, jumlah kasus virus Corona dapat ditekankan. Hingga tanggal 8 Mei 2020, di Indonesia mengalami penambahan kasus virus Corona sebanyak 336 kasus, sehingga total kasus yang terjadi mencapai 13.112 kasus. Ada 13 orang yang dinyatakan meninggal dunia sehingga total kematian yang terjadi telah mencapai 943 orang. Meskipun demikian, jumlah pasien yang sembuh dari virus Corona sebanyak 113 orang sehingga total pasien yang sembuh mencapai 2.494 orang.

Cara Untuk Mencegah Virus Corona

Fungsi ventilator dapat membuat pasien kembali bernafas dengan normal. Jika Anda pernah terinfeksi virus Corona dan dinyatakan sembuh, atau jika Anda belum terkena infeksi, Anda dianjurkan untuk melakukan berbagai hal untuk mencegah penyebaran virus Corona. Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan:

  • Cuci tangan dengan sabun selama 20 detik. Anda dapat menggunakan hand sanitizer sebagai penggantinya.
  • Jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut jika tangan Anda tidak bersih.
  • Tetap berada di rumah, kecuali jika ada keperluan mendesak seperti membeli makanan atau obat.
  • Jika Anda keluar rumah, pastikan Anda memakai masker.
  • Hindari kerumunan dan jaga jarak dengan orang lain setidaknya 1,5 meter.
  • Jangan melakukan kontak fisik dengan orang lain.
  • Konsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Berolahraga secara teratur.

Kesimpulan

Fungsi ventilator dapat digunakan jika pasien memiliki gejala gangguan pernafasan yang cukup parah. Untuk mencegah terjadinya gangguan seperti ini, Anda diminta untuk melakukan berbagai cara yang dianjurkan di atas. Jika Anda terkena virus Corona, Anda sebaiknya langsung hubungi pihak rumah sakit supaya masalah tersebut dapat segera ditangani.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*