Senam Cerdik, Aktivitas Moderat untuk Lansia

Menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, berapapun usia Anda saat ini, begitupun dengan lansia. Oleh karena itu Menteri Kesehatan memberi instruksi mengenai senam cerdik.

Orang dewasa yang lebih tua harus melakukan beberapa jenis aktivitas fisik setiap hari. Orang dewasa berusia 65 tahun ke atas harus:

  • Bertujuan untuk aktif secara fisik setiap hari.  Aktivitas apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.  Semakin banyak Anda melakukan lebih baik, bahkan jika itu hanya aktivitas ringan
  • Melakukan aktivitas yang meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas setidaknya 2 hari seminggu.

Aktivitas ringan merupakan aktivitas yang membuat Anda bergerak daripada duduk atau berbaring. Contoh aktivitas ringan meliputi:

  • Bangun untuk membuat secangkir teh
  • Bergerak di sekitar rumah 
  • Berjalan dengan lambat
  • Membersihkan dan membersihkan debu
  • Berdiri

Aktivitas moderat akan meningkatkan detak jantung dan membuat nafas lebih cepat dan terasa lebih hangat. Contoh aktivitas intensitas sedang adalah senam cerdik.

Senam cerdik sendiri adalah gerakan ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Dengan durasi yang tidak lama, sekitar 15 sampai 45 menit, tergantung kelompok usia yang melakukannya. Tetapi, ternyata manfaat senam cerdik sangat luar biasa jika dilakukan secara rutin.

Kenapa dinamakan senam cerdik? Ternyata cerdik disini memiliki arti tersendiri. Yaitu, Cek kesehatan secara teratur; Enyahkan asap rokok; Rajin olahraga; Diet seimbang; Istirahat cukup; serta Kelola stres dengan baik.

Menteri kesehatan mengeluarkan instruksi mengenai gerakan masyarakat hidup sehat dikarenakan sedang maraknya penyakit tidak menular, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kolesterol. 

Dalam melakukan senam cerdik, terdapat 3 tahapan yaitu pemanasan, gerakan inti dan pendinginan. Masing-masing tahapan sangat penting untuk dilakukan.  

Senam cerdik termasuk ke dalam olahraga yang progresif, dimana berfokus pada meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan daya tahan. Selain itu, senam cerdik merupakan salah satu cara yang bagus untuk bertemu teman baru dan bersenang-senang.

Senam cerdik merupakan aktivitas olahraga yang tidak terlalu berat, selain menyenangkan, melakukan senam cerdik secara rutin dapat memberikan Anda manfaat kesehatan secara keseluruhan.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*