Ketenaran keju cottage semakin lama semakin menanjak seiring meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memilih gaya hidup sehat. Khususnya bagi masyarakat yang rutin menjalankan diet sehat, jenis keju yang satu ini kerap menjadi pilihan karena mengandung protein tinggi, namun tetap rendah lemak. Karena itu tak jarang, keju cottage disebut juga keju diet.

Rendahnya lemak keju cottage sendiri dikarenakan susu yang digunakan untuk pembuatan keju ini sudah dipasteurisasi terlebih dahulu menjadi susu rendah lemak. Setelah itu, pembuatan keju cottage baru dimulai. Selain susu, zat asam dari cuka atau jeruk nipis ditambahkan untuk proses fermentasi. Setelah proses selesai, keju cottage juga bisa langsung dinikmati tanpa harus melalui proses penuaan sehingga rasanya lebih segar dan. Teksturnya pun lebih lembut dibandingkan keju tua, seperti parmesan maupu keju gouda. 

Namun selain untuk diet, sebenarnya jenis keju segar ini memiliki segudang manfaat lain yang menakjubkan. Beberapa di antaranya di bawah ini sangat mungkin membuat Anda segera memburu keju cottage sekarang juga!

Kuatkan Tulang dan Gigi

Keju yang berbahan dasar susu pada intinya memang memiliki peran besar dalam menguatkan tulang dan gigi. Tidak terkecuali untuk keju cottage, Anda bisa menyantapnya secara teratur untuk memastikan tulang dan gigi Anda terjaga dengan baik sampai hari tua.

Kemampuan keju cottage dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi dikarenakan kandungan kalsiumnya yang tinggi. Dalam setiap 100 gram keju cottage, sebanyak 83 persennya merupakan kalsium. Luar biasa, bukan?

Melindungi Sel Tubuh

Dalam sel tubuh yang sehat dan terjaga, terdapat kesehatan yang dapat terus dipapah dan dihindari dari berbagai penyakit. Keju cottage sendiri dapat menjadi jawaban bagi Anda yang selalu ingin melindungi sel tubuh berikut DNA yang ada di dalamnya.

Pasalnya, keju cottage memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu melindungi sel tubuh. Antioksidan mampu mencegah kerusakan yang timbul pada sel tubuh Anda. Umumnya untuk bisa menciptakan manfaat pelindungan sel ini, tiap orang membutuhkan setidaknya 50—70 mcg antioksidan tiap harinya.

Jaga Kesehatan Jantung

Produk turunan susu biasanya dihindari oleh penganut keras gaya hidup sehat. Lemak yang cukup tinggi pada susu disinyalir bisa meningkatkan tingkat kolesterol dalam darah sehingga berujung pada terganggunya kesehatan jantung. Namun, hal ini sepertinya tidak berlaku untuk keju cottage.

Ini karena kandungan lemak jenuh pada jenis keju segar ini terbilang minim dibandingkan produk susu lainnya. Kandungan lemak yang rendah membuat risiko pencetakan plak lemak pada aliran pembuluh darah pun dapat dihindari. Dengan begitu, kesehatan jantung akan lebih terjaga.

Pulihkan Usus Bermasalah

Proses fermentasi yang dilakukan pada pembuatan keju cottage membuat jenis keju ini sangat mirip dengan yogurt. Di mana di dalam jenis keju diet ini, tersimpan kandungan bakteri aktif, seperti L. acidophilus dan B. Bifidum.

Kedua jenis bakteri ini nyataya sangat ampuh memulihkan masalah percernaan. Khususnya, baik L.acidophilus maupun B. Bifidum dapat membuat usus yang rusak perlahan kembali sehat. Anda pun akan merasakan percernaan yang lebih lancar ketika mengonsumsi keju cottage yang memiliki kandungan kedua bakteri aktif tersebut.

Dukung Perkembangan Janin

 Keju cottage nyatanya juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut karena keju segar yang satu ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat sendiri merupakan komponen yang baik untuk mendukung perkembangan janin.

Asam folat umumnya terdapat pada sayuran hijau dan kacang-kacangan. Kebutuhan asam folat orang dewasa tiap harinya mencapai 400 mcg. Akan tetapi jika Anda sedang hamil, kebutuhan asam folat akan meningkat dua kali lipat karena adanya janin dalam rahim Anda. Untuk itu, penambahan makanan kaya asam folat seperti keju cottage sangat bijak untuk pemenuhan asam folat yang Anda perlukan.

***

Banyaknya manfaat dari keju cottage pastinya membuat Anda semakin penasaran menyantap jenis keju yang satu ini. Tenang saja selain kandungan gizi yang melimpah dan banyak manfaat mengagumkan, rasa dari keju segar yang ini bisa membuat Anda ketagihan.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*