Seberapa Besarkah Manfaat Air Lemon untuk Tubuh Anda?

Air lemon memang selalu menjadi incaran untuk dijadikan minuman alami yang menyehatkan tubuh. Banyak sekali klaim manfaat air lemon untuk tubuh, sehingga orang-orang rutin meminumnya setiap hari, bahkan di pagi hari di saat perut masih kosong. Mau hangat atau dingin, air lemon selalu menggoda untuk diminum. Nah, seberapa besarkah manfaat air lemon untuk tubuh hingga orang banyak meminumnya? Cari tahu lebih lanjut yuk, disini!

Ragam manfaat air lemon untuk tubuh

Secara umum, gambaran manfaat air lemon sudah terlihat dari kandungan gizi yang terdapat dalam segelas air lemon. Untuk lebih rincinya, berikut manfaat air lemon untuk tubuh Anda:

  1. Menghidrasi tubuh.

Mungkin bagi sebagian orang ada masih malas minum air putih dengan cukup setiap hari. Dengan tambahan perasan buah lemon di dalamnya, Anda pun jauh lebih bersemangat dan tertarik untuk meminumnya.

  • Sumber vitamin C yang baik.

Seperti yang telah Anda ketahui, lemon kaya akan vitamin C. Memenuhi asupan vitamin C setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Menurut USDA, perasan satu buah lemon dapat menyediakan vitamin C sekitar 18,6 miligram.

  • Membantu program diet penurunan berat badan.

Sebenarnya, penelitian terkait air lemon untuk penurunan berat badan pada manusia hingga saat ini masih belum jelas. Namun, penelitian yang dilakukan pada tikus berhasil menunjukkan bahwa polifenol dalam lemon mampu mengurangi penambahan berat badan pada tikus. Selain itu, senyawa antioksidan ini berefek pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin.

  • Memelihara kesehatan kulit.

Manfaat air lemon ini berasal dari kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, mencegah kulit kering, dan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

  • Melancarkan sistem pencernaan.

Minum air lemon, baik itu hangat atau panas, saat bangun tidur akan melancarkan sistem pencernaan Anda. Pengobatan Ayurveda menyatakan bahwa rasa asam lemon akan membantu merangsang pencernaan Anda, sehingga makanan lebih mudah dicerna dan membantu mencegah penumpukan racun.

  • Menyegarkan nafas.

Cobalah mengoleskan lemon pada tangan Anda untuk menghilangkan bau bawang atau bau menyengat lainnya. Efek yang sama mungkin juga berlaku untuk bau mulut yang disebabkan oleh makanan berbau yang kuat, seperti bawang putih, bawang merah, atau ikan. Dengan minum segelas air lemon setelah makan dan di pagi hari, dapat membantu mencegah bau mulut dan menyegarkan nafas.

  • Membantu mencegah batu ginjal.

Manfaat air lemon yang tidak kalah hebatnya adalah membantu mencegah batu ginjal. Ini karena kandungan asam sitrat dalam lemon. Senyawa ini dapat membantu memecah batu-batu kecil di ginjal yang menjadi penyebab batu ginjal.

Cara membuat air lemon

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat air lemon tersebut, Anda perlu meminumnya secara rutin. Tenang saja, Anda tidak perlu ribet dalam membuat air lemon, karena cukup satu buah lemon saja untuk segelas air lemon yang menyegarkan.

Anda bisa membuat air lemon dengan melarutkan perasan setengah atau satu buah lemon ke dalam 250 ml air hangat atau dingin, sesuai selera Anda. Agar lebih sehat, gunakan air yang telah disaring dan buah lemon organik.

Jika ingin menambahkan rasa, Anda bisa menambahkan:

  • Daun mint secukupnya.
  • Satu sendok teh madu mentah atau sirup maple.
  • Seiris jahe segar.
  • Sejumput kayu manis.
  • Taburan kunyit.
  • Irisan buah jeruk segar lainnya, seperti jeruk nipis, atau irisan ketimun.

Membuat air lemon dalam bentuk es batu lemon juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk menambahkan lemon ke dalam air minum Anda dengan cepat. Caranya dengan peras buah lemon segar ke dalam wadah es batu, lalu bekukan. Saat Anda ingin minum, berikan beberapa es batu lemon ke dalamnya sesuai kebutuhan.

Menarik sekali bukan manfaat air lemon untuk tubuh? Cara membuatnya pun bisa Anda lakukan di rumah dengan mudah. Selamat mencoba!

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*