Setiap orang perlu menjaga mata agar dapat melihat dengan baik. Seseorang dapat mengalami mata minus dimana pandangan terhadap suatu objek kurang jelas. Contoh penyebab mata minus adalah baca buku di ruang gelap. Oleh karena itu, seseorang perlu menggunakan kacamata agar melihat lebih jelas. Sebenarnya ada banyak cara untuk menggunakan obat mata minus.

Apa Yang Bisa Dikonsumsi?

Salah satu cara yang efektif adalah mengkonsumsi bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami adalah obat mata minus tradisional mampu menyehatkan mata. Contoh bahan alami yang bisa dikonsumsi adalah wortel, namun ada berbagai makanan yang dapat Anda coba, antara lain:

  1. Buah bit

Buah bit merupakan tanaman umbi berwarna merah yang terlihat seperti buah ceri yang baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi berupa antioksidan lutein, fitonutrien, folat, kalium, serat, vitamin C, magnesium, zat besi, fosfor, triptofan, coumarin, dan betasianin.

Buah bit mampu menjaga kesehatan mata dengan mencegah katarak dan degenerasi makula. Tidak hanya itu, buah bit mampu melancarkan pencernaan, mencegah anemia, mengatasi hipertensi, mengeluarkan racun dari hati dan ginjal, dan meningkatkan stamina.

  • Kurma muda

Kurma muda adalah pilihan lain yang bisa Anda coba karena mengandung karotenoid yang dapat menjaga kualitas penglihatan dan mencegah risiko gangguan kesehatan mata seperti degenerasi makula.

  • Susu murni

Susu murni terdapat nutrisi yang bermanfaat berupa vitamin A, omega-3, lutein, dan zeaxanthin yang dapat mencegah gangguan penglihatan seperti katarak. Selain itu, susu murni dapat menjaga kesehatan tulang, otak, dan kulit, serta mencegah risiko kanker, stroke, dan jantung.

  • Kale

Kale merupakan jenis sayur yang dapat meningkatkan kesehatan mata, karena memiliki kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kegunaannya adalah untuk mencegah gangguan penglihatan seperti katarak dan degenerasi makula.

  • Bayam

Bayam juga memiliki kandungan yang sama seperti kale, yaitu antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang kegunaannya untuk mencegah gangguan penglihatan seperti katarak dan degenerasi makula. Tidak hanya itu, bayam baik untuk dikonsumsi karena mampu mengontrol tekanan darah dan mencegah risiko penyakit stroke dan jantung.

  • Wortel

Wortel adalah salah satu makanan yang paling umum untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata dengan membantu retina menyerap cahaya lebih baik. Artinya, seseorang dapat melihat lebih jelas di tempat yang gelap.

  • Tomat

Tomat mengandung lutein, likopen, dan beta-karoten yang mampu melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula.

  • Markisa

Markisa mengandung vitamin A yang dapat mencegah katarak dan degenerasi makula.

Cara Lain Untuk Mengatasi Mata Minus

Selain mengkonsumsi makanan yang dianjurkan di atas, Anda sebaiknya melakukan beberapa cara untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mata. Cara-cara tersebut antara lain:

  • Jika mata Anda merasa lelah karena beraktivitas, Anda sebaiknya istirahatkan mata Anda sejenak.
  • Anda sebaiknya sering beraktivitas di luar ruangan.
  • Anda sebaiknya jangan membaca, menulis, atau melihat benda atau tulisan dalam jarak yang terlalu dekat.
  • Anda sebaiknya hindari membaca atau menggunakan dawai di tempat yang gelap.

Anda perlu menjalani pola hidup yang sehat seperti konsumsi makanan yang sehat dan melakukan cara-cara yang dianjurkan di atas sebagai obat mata minus. Jika Anda sering melakukan kebiasaan buruk pada mata Anda, konsekuensinya bisa parah seperti katarak sehingga perlu menjalani operasi.

Anda juga perlu ketahui bahwa mata lelah disebabkan karena sering sakit kepala atau pusing. Jika Anda mengalami gangguan seperti ini, maka akan mengakibatkan gangguan rabun jauh atau mata minus. Oleh karena itu, obat mata minus tradisional seperti wortel sangat diperlukan. Cara tersebut adalah cara yang efektif untuk mencegah masalah pada mata.

Hidup Sehat, Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*