Manfaat Daun Kari untuk Kesehatan

Daun kari memiliki aroma yang khas serta rasa seperti buah-buahan sitrus.

Selain bisa digunakan untuk masak, ternyata manfaat daun kari baik untuk kesehatan. Daun kari sendiri berasa dari pohon Murraya koenigii, namun di Indonesia daun kari ini dikenal dengan sebutan “salam koja”. Mulai dari menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, hingga menstabilkan gula darah, bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi daun kari. Jangan samakan daun kari dengan bubuk kari, pasalnya keduanya berbeda. Bubuk dari biasanya dibuat dari campuran kunyit, bubuk cabai, ketumbar, jinten, jahe, dan lada. Sedangkan, daun kari merupakan tanaman yang berasal dari India yang langsung dipetik dari pohon untuk diolah menjadi makanan maupun digunakan sebagai pengobatan tradisional. Di balik aroma dan rasanya yang unik, berikut manfaat daun kari untuk kesehatan.

  1. Berpotensi untuk menurunkan berat badan

Daun kari berpotensi untuk menurunkan berat badan Anda dengan dua cara, yaitu mengeluarkan racun dan membakar lemak di dalam tubuh. Jika tertarik untuk mencobanya, Anda bisa langsung mengunyah daun kari kering yang sudah dibersihkan atau dengan menaburkan di atas menu makanan Anda. Perlu Anda ingat bahwa, imbangi juga dengan berolahraga secara rutin dan pola makan yang sehat.

  1. Menyehatkan jantung

Kolesterol dan trigliserida tinggi adalah faktor risiko penyakit jantung yang harus diwaspadai. Untungnya, daun kari dapat membantu tubuh menurunkan kadar keduanya. Sebuah riset pada hewan uji menunjukkan, tikus obesitas yang mengonsumsi ekstrak daun kari sebanyak 300 miligram per kilogram berat tubuhnya, mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida cukup signifikan. 

Hasil penelitian ini tak lepas dari kandungan mahanimbine yang dimiliki daun kari.Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian pada manusia untuk membuktikan manfaat daun kari dalam menyehatkan jantung ini.

  1. Mencegah kanker

Tes tabung membuktikan bahwa beberapa daun kari dari Malaysia memiliki komponen anti-kanker dan mampu menghambat pertumbuhan kanker payudara yang agresif. 

Ditambah lagi, sebuah penelitian serupa menunjukkan bahwa ekstrak daun kari dapat membunuh sel kanker serviks. Meskipun daun kari terbukti mengandung berbagai komponen antikanker, efektivitasnya terhadap tubuh manusia masih belum terbukti secara ilmiah.

  1. Menstabilkan gula darah

Sebuah penelitian pada hewan uji berhasil membuktikan kalau daun kari dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah datangnya gejala diabetes, seperti sakit saraf dan kerusakan ginjal. 

Meskipun hasil riset tersebut menjanjikan, kita tidak boleh mengonsumsi daun kari begitu saja untuk menjaga gula darah. Sebab, belum ada penelitian pada manusia yang dapat membuktikannya.

  1. Meredakan nyeri

Sebuah riset yang dilakukan pada tikus membuktikan bahwa ekstrak daun kari yang dikonsumsi lewat mulut dapat meredakan nyeri di badan. Lagi-lagi, penelitian pada manusia masih dibutuhkan untuk membuktikan efektivitas daun kari dalam meredakan nyeri di badan.

  1. Mengatasi morning sickness

Rasa mual yang dirasakan di pagi hari atau biasa disebut morning sickness adalah gejala kehamilan yang dapat dirasakan oleh para wanita hamil. Bagi wanita karier, tentu hal ini dapat mengganggu produktivitas di kantor.Cobalah konsumsi daun kari yang dipercaya dapat membantu sekresi enzim pencernaan, sehingga mual dan muntah akibat morning sickness dapat berkurang.Namun ingat, berkonsultasilah dulu pada dokter kandungan sebelum Anda mencoba daun kari. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*