Layanan CT Scan di Rumah Sakit Hermina Palembang

Rumah Sakit Hermina Palembang adalah salah satu jaringan rumah sakit dari Hermina Hospital Group, yang merupakan kelompok usaha yang menyelenggarakan rumah sakit. Pada dasarnya, semua rumah sakit yang berada di bawah arahan Hermina Hospital Group memfokuskan pelayanannya di bidang penyakit kandungan, spesialistik kebidanan, serta kesehatan bayi dan anak. Rumah Sakit Hermina pertama kali didirikan pada tahun 1967 di Jakarta Timur, tepatnya di Jln. Raya Jatinegara Barat Nomor 126. Rumah sakit ini terus berkembang hingga saat ini, dan memiliki banyak jaringan di berbagai kota lain seperti Kemayoran, Bekasi, Depok, Bogor, Pasteur, Sukabumi, Solo, Yogyakarta, Palembang, dan lain-lain. Rumah Sakit Hermina Palembang sendiri baru dibangun tahun 2011. Meskipun belum genap 10 tahun, Rumah Sakit Hermina Palembang telah melayani banyak masyarakat Palembang dan Sekitarnya serta menyediakan berbagai layanan kesehatan yang dibutuhkan. Salah satu layanan kesehatan tersebut adalah CT Scan. Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan CT Scan dan apa manfaatnya? Artikel ini akan membahasnya dengan lebih mendelam.

Pemindaian tomografi terkomputerisasi

Sebagai salah satu layanan unggulan dari Rumah Sakit Hermina Palembang, CT scan (computerized tomography scan) atau dalam Bahasa Indonesia dapat disebut dengan “pemindaian tomografi terkomputerasi) memiliki fungsi yang penting dalam membantu dokter melakukan diagnosa akan kondisi kesehatan seseorang. Biasanya, dokter akan merekomendasikan CT scan untuk membantu dalam mendiagnosa kasus gangguan tulang dan otot (misalnya tumor tulang atau tulang patah; menunjukkan lokasi tumor berada, adanya infeksi atau gumpalan darah; memandu saat tindakan operasi, biopsy, dan terapi radiasi dilakukan; mendeteksi dan memantau penyakit dan kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit kanker, penyakit jantung, dan masa di hati; memantau keefektifan suatu perawatan seperti perawatan kanker, dan mendeteksi cidera internal ataupun pendarahan internal.

CT scan apakah aman dilakukan?

Melakukan prosedur CT scan di Rumah Sakit Hermina Palembang, anda akan terpapar radiasi terionisasi dalam beberapa saat. Jumlah atau kadar radiasi tersebut akan lebih besar daripada pemindaian menggunakan sinar-X, hal ini dikarenakan prosedur CT scan mengumpulkan informasi dengan lebih detail. Namun, meskipun radiasi CT scan lebih besar daripada sinar-X, jumlah radiasi tersebut masih tergolong kecil dan hingga saat ini tidak menunjukkan adanya bahaya atau efek samping jangka panjang. Apabila dosis yang diberikan lebih tinggi daripada biasanya, ada kemungkinan kecil potensi terbentuknya risiko kanker.

CT scan memiliki banyak manfaat yang lebih penting daripada menghiraukan potensi kecil risiko tersebut. Hal ini dikarenakan dokter di Rumah Sakit Hermina Palembang akan menggunakan radiasi dengan dosis paling rendah untuk mendapatkan informasi kesehatan yang dibutuhkan. Selain itu, mesin CT scan yang baru dapat bekerja dengan lebih cepat sehingga menghasilkan radiasi yang kecil dan singkat. Apabila Anda ragu dengan keamanan dari CT scan tersebut, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter di Rumah Sakit Hermina Palembang tentang manfaat dan risiko efek samping dari CT scan yang akan Anda lakukan. Apabila Anda sedang hamil, beritahu dokter, karena ada kemungkinan dokter akan merekomendasikan prosedur lain seperti ultrasound atau MRI untuk menghindari bayi terkena radiasi.

Layanan CT scan di Rumah Sakit Hermina Palembang akan membantu dokter untuk memberikan diagnosa yang tepat, akurat, dan cepat akan kondisi kesehatan Anda, sehingga prosedur perawatan medis dapat dilakukan dengan segera. Sebagai salah satu layanan unggulan, Rumah Sakit Hermina Palembang akan melakukan prosedur tersebut dengan optimal dan mengutamakan keselamatan Anda.

Rumah Sakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*