Setiap orang pasti sering mimpi ketika tidur. Mimpi dapat terjadi baik dalam keadaan baik maupun keadaan buruk. Mimpi juga merupakan suatu cara dimana manusia mengungkapkan apa yang dialami, namun di bawah kesadaran. Ada berbagai jenis mimpi yang dapat dialami manusia, salah satunya adalah mimpi hamil.

Mimpi Hamil Yang Bisa Terjadi Pada Manusia

Mimpi hamil terjadi pada siapa saja, baik kehamilan pada diri sendiri, melalui kabar dari teman atau kerabat yang hamil, maupun dari sumber lain. Berikut adalah berbagai macam mimpi hamil yang terjadi pada manusia:

  • Mimpi diri sendiri hamil

Jika Anda bermimpi bahwa Anda sedang hamil, bisa saja hal tersebut merupakan hal yang nyata, atau setidaknya Anda mengalami mual atau perut kembung. Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang hamil lebih banyak bermimpi mengenai kehamilannya dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Anda akan sering mimpi hamil jika Anda hamil.

  • Mimpi orang lain yang hamil

Jika Anda pernah bermimpi bahwa teman atau kerabat Anda sedang hamil, hal tersebut bisa menunjukkan bahwa mereka sedang hamil, atau setidaknya mereka merencanakan kehamilan. Teman atau kerabat Anda mungkin pernah memberitahu Anda bahwa mereka akan memiliki anak sehingga topik tersebut bisa menjadi bahan pembicaraan di dalam mimpi Anda.

  • Mimpi mengandung anak kembar

Jika Anda bermimpi tentang memiliki anak kembar, hal tersebut merupakan tanda bahwa Anda kemungkinan akan memiliki anak kembar.

  • Mimpi merasakan kecemasan saat hamil

Jika Anda merasa cemas ketika hamil, namun hanya sebuah mimpi, itu merupakan tanda bahwa Anda tidak siap untuk memiliki anak, atau sedang hamil dan merasa khawatir tentang anak yang sedang dikandung.

  • Mimpi hamil yang tidak sesuai rencana

Ada juga orang yang mimpi hamil, namun tidak sesuai rencana. Hal tersebut menandakan bahwa seseorang mungkin ingin punya anak, namun tidak sesuai harapan seperti jenis kelamin bayi yang dikandung.

Kemungkinan lain yang seseorang alami adalah seseorang merasa takut bahwa informasi akan diungkapkan secara dini.

Fakta-Fakta Ketika Manusia Bermimpi

Studi mengenai orang yang mimpi hamil sebenarnya masih sedikit. Para peneliti belum tahu mengapa mimpi hamil bisa terjadi pada semua orang. Meskipun demikian, para peneliti mengungkapkan beberapa fakta menarik mengapa orang-orang bermimpi ketika tidur. Berikut adalah fakta-fakta yang diperoleh:

  • Mimpi itu bersifat universal

Mimpi merupakan hal yang bersifat universal dimana orang-orang dapat mengalami sesuatu secara alami. Misalnya, seseorang yang bermimpi bahwa mereka jatuh dari ketinggian.

  • Semakin banyak tidur, semakin sering bermimpi

Hal yang dapat Anda ketahui adalah jika Anda banyak tidur, maka Anda akan sering bermimpi. Wanita-wanita hamil juga akan sering bermimpi ketika tidur, karena ketika mereka hamil, perubahan hormon dapat membuat mereka merasa lelah sehingga mereka perlu tidur.

  • Emosi negatif lebih umum terjadi

Fakta lain yang dapat Anda ketahui adalah orang-orang lebih sering mengalami emosi negatif ketika bermimpi seperti merasa cemas atau takut.

  • Mimpi buruk tidak selamanya terjadi

Tentunya mimpi hanya bersifat sementara. Namun, jika mimpi yang Anda alami sering terjadi dan membuat Anda sangat terganggu, maka Anda sebaiknya minta dokter untuk memeriksa Anda.

Mimpi hamil bisa terjadi pada setiap orang. Para peneliti juga menunjukkan bahwa mimpi hamil terjadi hanya di bawah kesadaran manusia sehingga orang-orang tidak perlu merasa takut atau panik.

Jika Anda sering mengalami mimpi buruk yang berhubungan dengan kehamilan atau mimpi hamil, Anda sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan ahli profesional agar dapat membantu mengatasi masalah yang Anda hadapi.

Kesehatan Mental

Menurut National Institute of Mental Health, gangguan kecemasan adalah gangguan mental di Amerika Serikat. Dari 40 juta orang dewasa, 18% nya berjuang melawan kecemasan. Kecemasan dan depresi biasa datang bersamaan. Meski begitu, terapi dan pengobatan yang spesifik bisa membantu mengurangi beban kecemasan

Salah satu hal yang penting dalam terapi mengatasi kecemasan adalah dengan memakan menu-menu sehat untuk diet seimbang.

Contoh sederhananya yaitu dengan minum air yang cukup dan membatasi konsumsi kafein dan alcohol. Karbohidrat kompleks juga dapat membuat perasaan lebih tenang karena proses mencernanya lebih lama sehingga gula darah menjadi seimbang.

Diet yang banyak mengkonsumsi gandum utuh, sayur-sayuran, buah-buahan akan lebih menyehatkan dibandingkan dengan konsumsi karbohidrat sederhana yang ditemukan di makanan olahan.

Selain itu, terlambat makan juga dapat menimbulkan rasa cemas karena gula darah turun secara drastis. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar makanan yang dapat mengatasi rasa cemas.

Makanan yang bisa mengatasi kecemasan

  • Makanan dengan kandungan magnesium rendah terbukti dapat mengurangi kecemasan, dan membantu mereka merasa lebih tenang. Contohnya, sayuran hijau seperti bayam, bit, kacang-kacangan, biji-bijian dangandum utuh.
  • Makanan dengan kandungan zinc yang tinggi, seperti kerang, jambu mete, hati, daging dan kuning telur.
  • Ikan seperti salmon, mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membuat perasaan tenang.
  • Penelitian yang baru saja dilakukan juga menyarankan konsumsi probiotik seperti acar, asinan kubis, dan kefir.
  • Di Cina, asparagus dijadikan ekstrak yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi kecemasan karena memiliki kandungan anti-cemas di dalamnya.
  • Makanan yang kaya akan vitamin B seperti alpukat dan almon.

Apakah anti-oksidan bisa mengurangi kecemasan?

Kecemasan memiliki kaitan dengan kurangnya asupan anti-oksidan di dalam tubuh. Diet dengan konsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mengurangi gejala-gejala gangguan kecemasan. Makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi menurut USDA diantaranya:

  • Kacang-kacangan: kacang merah, pinto, dried small red, kenari, kemiri
  • Buah-buahan: apel, ceri, plum, plum hitam, prune (plum yang dikeringkan).
  • Beri: Blackberries, strawberries, cranberries, raspberries, blueberries
  • Sayuran: kubis, bit, brokoli, artichoke
  • Rempah¬≠-rempah: kunyit dan jahe

Mewujudkan keadaan mental yang lebih baik melalui diet

Pastikan untuk bicara pada dokter jika gejala kecemasan Anda bertambah parah setelah dua minggu. Namun jika dokter merekomendasikan pengobatan dan terapi untuk kecemasan, Anda bisa tetap bertanya apakah Anda perlu mengonsumsi makanan tertentu agar dapat mengurangi kecemasan tersebut secara alami.

Kesehatan Mental