Menurut National Institute of Mental Health, gangguan kecemasan adalah gangguan mental di Amerika Serikat. Dari 40 juta orang dewasa, 18% nya berjuang melawan kecemasan. Kecemasan dan depresi biasa datang bersamaan. Meski begitu, terapi dan pengobatan yang spesifik bisa membantu mengurangi beban kecemasan

Salah satu hal yang penting dalam terapi mengatasi kecemasan adalah dengan memakan menu-menu sehat untuk diet seimbang.

Contoh sederhananya yaitu dengan minum air yang cukup dan membatasi konsumsi kafein dan alcohol. Karbohidrat kompleks juga dapat membuat perasaan lebih tenang karena proses mencernanya lebih lama sehingga gula darah menjadi seimbang.

Diet yang banyak mengkonsumsi gandum utuh, sayur-sayuran, buah-buahan akan lebih menyehatkan dibandingkan dengan konsumsi karbohidrat sederhana yang ditemukan di makanan olahan.

Selain itu, terlambat makan juga dapat menimbulkan rasa cemas karena gula darah turun secara drastis. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar makanan yang dapat mengatasi rasa cemas.

Makanan yang bisa mengatasi kecemasan

  • Makanan dengan kandungan magnesium rendah terbukti dapat mengurangi kecemasan, dan membantu mereka merasa lebih tenang. Contohnya, sayuran hijau seperti bayam, bit, kacang-kacangan, biji-bijian dangandum utuh.
  • Makanan dengan kandungan zinc yang tinggi, seperti kerang, jambu mete, hati, daging dan kuning telur.
  • Ikan seperti salmon, mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membuat perasaan tenang.
  • Penelitian yang baru saja dilakukan juga menyarankan konsumsi probiotik seperti acar, asinan kubis, dan kefir.
  • Di Cina, asparagus dijadikan ekstrak yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi kecemasan karena memiliki kandungan anti-cemas di dalamnya.
  • Makanan yang kaya akan vitamin B seperti alpukat dan almon.

Apakah anti-oksidan bisa mengurangi kecemasan?

Kecemasan memiliki kaitan dengan kurangnya asupan anti-oksidan di dalam tubuh. Diet dengan konsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mengurangi gejala-gejala gangguan kecemasan. Makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi menurut USDA diantaranya:

  • Kacang-kacangan: kacang merah, pinto, dried small red, kenari, kemiri
  • Buah-buahan: apel, ceri, plum, plum hitam, prune (plum yang dikeringkan).
  • Beri: Blackberries, strawberries, cranberries, raspberries, blueberries
  • Sayuran: kubis, bit, brokoli, artichoke
  • Rempah¬≠-rempah: kunyit dan jahe

Mewujudkan keadaan mental yang lebih baik melalui diet

Pastikan untuk bicara pada dokter jika gejala kecemasan Anda bertambah parah setelah dua minggu. Namun jika dokter merekomendasikan pengobatan dan terapi untuk kecemasan, Anda bisa tetap bertanya apakah Anda perlu mengonsumsi makanan tertentu agar dapat mengurangi kecemasan tersebut secara alami.

Kesehatan Mental