Penggunaan alat kontrasepsi atau KB memang masih menjadi pilihan untuk mencegah kehamilan. Salah satu  alat kontrasepsi yang cukup banyak digunakan adalah KB implan. 

KB implan atau dikenal juga dengan nama KB susuk merupakan alat kontrasepsi untuk jangka panjang untuk mencegah kehamilan yang dipakai oleh wanita. KB jenis ini disebut ampuh untuk menunda kehamilan atau bagi wanita yang tidak ingin hamil lagi. Apakah benar KB ini 99 persen ampuh menunda kehamilan?

Pengguna KB Implan Masih Bisa Hamil

Jadi, KB implan ini berbentuk tabung plastik kecil hanya seukuran korek api. Di dalamnya berisi hormon yang fungsinya untuk mencegah kehamilan. KB implan ini dipasang dengan baik di kulit lengan atas untuk mencegah kehamilan selama durasi 3 tahun. 

Jadi, hormon progestin alias progesteron sintetik dari KB susuk ini akan menghalangi pelepasan sel telur dari ovarium dan sekaligus mengentalkan mukus serviks yang mencegah sperma masuk ke rahim.

Menurut datanya, dalam 1 tahun hanya 1 dari 100 wanita pengguna KB implan yang hamil. Makanya disebut 99 persen ampuh untuk menunda kehamilan. 

Akan tetapi, bukan berarti wanita yang pakai KB implan tidak mungkin hamil. Kemungkinan ini bisa terjadi ketika Anda pakai KB susuk sudah lebih dari 3 tahun dan tidak diganti. 

Jika sudah lebih dari 3 tahun dan belum sempat diganti, penting untuk menggunakan alat kontrasepsi tambahan agar tidak terjadi kehamilan, seperti menggunakan kondom misalnya.

Kemungkinan hamil pada wanita yang pakai KB implan adalah ketika efektivitas alat kontrasepsi sudah berkurang. Efektivitas ini bergantung pada beberapa hal seperti ketika mengkonsumsi obat-obatan tertentu atau Anda punya kondisi medis tertentu.

Kemungkinan hamil juga bisa disebabkan oleh karena pemasangan KB implan yang tidak dipasang dengan benar. Tandanya, jika sudah 5 hari penggunaan KB susuk dan Anda menstruasi, biasanya KB susuk berfungsi efektif dan penggunaannya benar. Jadi, agar tidak terjadi kehamilan ketika menggunakan KB implan, sebaiknya ingat waktu pemasangan agar tidak melewati durasi pakainya.

Efek Samping Penggunaan KB Implan

Wanita yang menggunakan KB implan biasanya akan mengalami haid yang lebih banyak atau lebih sedikit. Ketika siklus menstruasi Anda tidak teratur atau menstruasi berhenti sama sekali, hal tersebut bukan melulu pertanda hamil. 

Anda tidak perlu khawatir, sebab salah satu efek samping penggunaan KB susuk ini membuat siklus haid tidak teratur. Sebab, menstruasi dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Sementara, kB implan ini berisi hormon progesteron yang bisa mempengaruhi keseimbangan hormon. Ketika hormon wanita ini tidak seimbang, maka siklus menstruasi pun juga ikut terganggu.  

Tips Ketika Muncul Gejala Hamil saat Pakai KB Implan

Ingat ya, gejala hamil wanita yang pakai KB susuk ini akan sama dengan kehamilan pada umumnya. Gejala ketika wanita mengalami siklus menstruasi tidak teratur di awal pemasangan KB susuk biasanya akan mengalami gejala mirip dengan gejala kehamilan, seperti mual, nyeri di bagian payudara, mood swing, perut kembung, hingga sakit kepala. Selain itu juga diikuti dengan siklus menstruasi yang singkat dan lebih ringan. Hingga ada juga wanita yang pakai KB susuk ini tidak lagi mengalami siklus haid sama sekali.

Berikut tips ketika Anda mengalami gejala-gejala tersebut dan khawatir jika Anda benar-benar hamil meskipun sudah menggunakan KB.

  1. Lakukan Tes Kehamilan

Jika Anda ragu dan merasa curiga sedang hamil meskipun sudah pakai KB, bisa dipastikan dengan menggunakan alat tes kehamilan.

  1. Temui Dokter

Agar lebih meyakinkan, bisa juga dengan menemui dokter untuk memeriksakan kehamilan pada dokter kehamilan. Sebab, jika sedang pakai KB dan Anda benar-benar hamil, bisa meningkatkan kehamilan ektopik.

  1. Melepas KB Implan

Jika Anda benar sedang hamil, maka mintalah dokter untuk melepas KB implan yang ada pada lengan Anda.

Kehamilan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*