Jenis-Jenis Ekokardiogram serta Prosedurnya yang Perlu Anda Ketahui!

Ekokardiogram merupakan tes yang menggunakan gelombang untuk menghasilkan gambaran dari jantung Anda. Tes ini memungkinkan Anda melihat jantung berdetak dan memompa darah. Dokter menggunakan gambar dari ekokardiogram untuk mengidentifikasi penyakit jantung yang mungkin terjadi. Bergantung pada informasi apa yang dibutuhkan dokter, Anda mungkin memiliki satu dari beberapa jenis ekokardiogram. 

Ekokardiogram transtorasik tidak memerlukan persiapan khusus. Namun, jika Anda menjalani ekokardiogram transesophageal, dokter Anda mungkin menginstruksikan untuk tidak makan apapun selama beberapa jam sebelum tes. Ini untuk mencegah Anda muntah selama tes. Anda juga mungkin tidak bisa mengemudi selama beberapa jam sesudahnya karena pada saat tes berlangsung Anda akan diberi obat penenang. Jika dokter merekomendasikan prosedur ekokardiogram stres, kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berolahraga

Jenis-jenis Ekokardiogram:

  • Echocardiogram transthoracic

Prosedur ini merupakan echocardiogram yang standar. Tes ini tidak menimbulkan rasa sakit, karena prosesnya hampir sama seperti X ray tetapi tidak menggunakan radiasi. Prosedur ini menggunakan teknologi yang sama dengan yang digunakan untuk mengevaluasi kesehatan bayi sebelum lahir.

Perangkat genggam yang disebut transduser ditempatkan pada dada dan mentransmisikan gelombang suara frekuensi tinggi. Gelombang suara ini akan memantul dari struktur jantung, lalu menghasilkan gambar dan suara yang dapat digunakan untuk dokter mendeteksi kerusakan atau adanya penyakit jantung.

  • Transesophageal echocardiogram

Tes ini mengharuskan transduser dimasukkan ke tenggorokan dan kerongkongan (tabung penelanan yang menghubungkan mulut ke perut). Karena kerongkongan terletak dekat dengan jantung, gambar yang jelas dari struktur jantung dapat diperoleh tanpa terhalang paru-paru dan dada.

  • Stress echocardiogram

Tes ini merupakan ekokardiogram yang dilakukan dengan berlatih treadmill atau sepeda stasioner. Ekokardiogram ini bisa dilakukan untuk memvisualisasikan Gerakan dinding jantung dan tidakan memompa ketika jantung ditekan. Dengan melakukan tes ini bisa membantu dokter mengungkapkan kurangnya aliran darah yang tida bisa terlihat jelas pada tes jantung lainnya.

  • Dobutamine stress echocardiogram

Ekokardiogram ini adalah bentuk lain dari ekokardiogram stres. Namun, tes ini tidak menggunakan metode olahraga untuk menekan jantung, stres jantung bisa didapat dengan memberikan obat yang merangsang jantung. Tes ini digunakan untuk mengevaluasi fungsi jantung dan katup jantung ketika Anda tidak dapat berolahraga dengan treadmill atau sepeda statis. Dobutamine stress echocardiogram juga digunakan untuk menentukan seberapa baik jantung Anda menoleransi aktivitas berat, mengidentifikasi apakah Anda memiliki penyakit arteri koroner (arteri yang tersumbat), dan mengevaluasi efektivitas rencana perawatan jantung 

  • Ultrasonografi intravascular

Ultrasonografi dilakukan selama kateterisasi jantung. Selama prosedur ini, transduser dimasukkan ke pembuluh darah jantung melalui kateter di selangkangan. Tes ini sering digunakan untuk memberikan informasi terperinci tentang aterosklerosis (penyumbatan) di dalam pembuluh darah.

Prosedur untuk ekokardiogram transthoracic standar

Pertama, Anda akan membuka pakaian dari pinggang ke atas dan berbaring di meja pemeriksaan atau tempat tidur. Kemudian teknisi akan menempelkan elektroda ke tubuh untuk membantu mendeteksi dan mengatur arus listrik jantung. Setalah itu, teknisi akan mengaplikasikan gel transduser yang dapat meningkatkan konduksi gelombang suara.

Selanjutnya, teknisi akan menindahkan transduser bolak-balik di atas dada untuk merekam gambar gema gelombang suara. Saat itu, Anda mungkin diminta untuk bernapas dengan cara tertentu atau berguling ke sisi kiri.

Jika Anda melakukan ekokardiogram transesofagus, maka prosedurnya adalah:

  • Tenggorokan Anda akan mati rasa dengan semprotan atau gel.
  • Anda akan diberikan obat penenang agar menjadi rileks.
  • Tabung yang berisi transduser akan dimasukkan ke tenggorokan Anda dan masuk ke kerongkongan, dan diposisikan untuk mendapatkan gambar jantung.
  • Kebanyakan ekokardiogram membutuhkan waktu kurang dari satu jam. Jika Anda memiliki ekokardiogram transesophageal, Anda dapat diawasi selama beberapa jam setelah tes.
Penyakit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*