Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki segudang manfaat bagi tubuhmu. Namun, minyak jahe sendiri telah digunakan selama berabad-abad untuk menyembuhkan penyakit seperti gejala flu, batuk, dan sakit tenggorokan.

Selain baik untuk tubuh bagian dalam, rupanya jahe, khususnya dalam formula minyak memiliki manfaat yang baik bagi kulit. Seperti dilansir dari Boldsky, jahe menjadi bahan yang cukup ampuh untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

1. Merawat kulit berjerawat

Minyak jahe bisa membantu Anda untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Minyak jahe memiliki kandungan antiseptik yang kuat jika masuk ke dalam kulit. Selain membunuh, minyak jahe juga efektif menangkal bakteri kembali masuk ke kulit. Cukup aplikasikan minyak jahe ini di area yang berjerawat.

2. Mengobati bekas luka

Minyak jahe juga memiliki sifat antioksidan yang membantu mengurangi munculnya bekas luka. Dengan begitu, warna kulit Anda tetap merata meski sehabis terkena luka.

3. Meremajakan kulit

Antioksidan yang dimiliki oleh minyak jahe rupanya juga efektif untuk menangkal kulit dari kerusakan radikal babas dan melindungi kulit dari tanda penuaan. Anda bisa mengonsumsi atau menggunakannya secara topikal. Ini juga akan membantu menjaga elastisitas kulit.

4. Mengobati kulit terbakar

Minyak jahe mengandung nutrisi yang berguna mengurangi efek kerusakan akibat paparan sinar matahari. Ini juga akan membantu mengembalikan warna alami kulit dan memberikan kulit yang cantik dan sempurna.

5. Kulit cerah

Seiring bertambahnya usia, kulit Anda akan cenderung kekurangan elastisitas. Untuk mendapatkan kembalinya kecerahan pada kulit, gunakan minyak jahe.

6. Awet muda

Minyak jahe cukup ampuh menunda tanda-tanda penuaan dan membantu kulit terlihat segar. Dengan begitu, Anda akan terlihat lebih muda dari yang seharusnya.

Selain itu, minyak jahe juga memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuhmu, di antaranya ialah:

Anti Nyeri

Salah satu manfaat terbesar adanya minyak jahe adalah bisa digunakan untuk meredam munculnya nyeri otot di persendian. Minyak jahe bisa digunakan untuk menenangkan otot yang tengah sakit atau persendian yang sedang nyeri. Dengan menggunakan ekstrak jahe adalah cara alami dalam mengatasi nyeri otot dan persendian karena bisa melawan peradangan.

Kesehatan Pencernaan

Manfaat selanjutnya yang diberikan jahe sebagai minyak adalah mampu digunakan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, bahan ini juga bisa meringankan kasus keracunan makanan. Dalam mendapatkan hasil maksimal, jahe dalam bentuk ekstrak bisa dicampur dengan minyak zaitun ketika penggunaannya.

Meredakan Rasa Mual

Minyak ini mampu digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, seeprti mual yang kerap dialami banyak orang karena alasan tertentu. Mulai dari mual dalam masa kehamilan, kemudian ketika dalam perjalanan atau motion sickness serta pasca melakukan operasi. Manfaat yang dimiliki minyak berbahan jahe juga diungkap dalam sebuah penelitian.

Hasil sebuah penelitan menyebutkan bahwa minyak dari jahe mampu membantu menangani gejala mual setelah seseorang melakukan operasi. Sementara itu, tingkat mual pada seseorang atau pasien yang menggunakan minyak jenis ini diketahui lebih rendah ketimbang mereka yang hanya menggunakan plasebo.

Mengatasi Migrain

Manfaat minyak jahe selanjutnya untuk kesehatan tubuh seseorang adalah meredakan sakit kepala mirgain. Cara yang dilakukan juga cukup mudah, yakni dengan memijat bagian dahi, pelipis dan bagian belakang leher dengan minyak yang sudah dilarutkan dengan carrier oil, lakukan secara rutin satu hingga dua kali sehari.

Demikian manfaat minyak jahe yang perlu diketahui. Semoga menambah wawasanmu.

Kesehatan Kulit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*