Suntik tetanus merupakan salah satu syarat yang perlu dilakukan oleh pasangan yang akan menikah, terutama calon pengantin wanita. Suntik tetanus, atau yang juga dikenal dengan istilah “imunisasi TT”, merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menekan angka terjadinya penyakit tetanus. Memang, sama halnya seperti prosedur medis lain, suntik tetanus bagi beberapa orang bisa menimbulkan efek samping. Namun secara umum, imunisasi ini tidak berbahaya untuk kesehatan. Efek samping suntik tetanus yang terjadi sebagian besar bersifat ringan. Efek samping ini bisa muncul, karena tubuh sedang membangun sistem imun yang akan digunakan untuk melawan bakteri tetanus di kemudian hari, apabila Anda terpapar. Namun pada beberapa orang yang mengalami alergi atau gangguan kesehatan lainnya, suntik tetanus malah bisa memicu efek samping yang cukup parah. Sejauh apa efeknya?

  1. Efek samping suntik tetanus yang ringan

Berikut ini beberapa gejala ringan yang dapat timbul setelah Anda menjalani suntik tetanus.

  • Rasa nyeri

Setelah disuntik tetanus, Anda bisa saja merasakan nyeri di area bekas penyuntikan. Kemerahan dan bengkak di area yang sama juga sering terjadi.Namun, hal ini tidaklah berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

  • Demam

Demam juga merupakan efek samping suntik tetanus yang umum terjadi. Suhu tubuh Anda bisa turun dengan sendirinya setelah beberapa saat.Namun, Anda juga bisa mengonsumsi obat penurun panas untuk meringankan gejala ini.

  • Sakit badan

Setelah suntik tetanus, Anda mungkin akan merasakan nyeri di badan. Jika nyeri cukup mengganggu, Anda bisa meredakannya dengan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

  1. Efek samping lainnya

Selain ketiga efek samping di atas, gejala lain juga bisa muncul sebagai akibat dari suntikan tetanus, seperti lemas, mual, muntah, dan sakit kepala.

  1. Efek samping suntik tetanus yang parah

Bagi beberapa orang, efek samping suntik tetanus bisa bisa cukup parah, terutama jika alergi terhadap vaksin ini. Gejala alergi yang mungkin muncul antara lain berupa:

  • Bentol-bentol di kulit
  • Gatal
  • Kesulitan bernapas
  • Kesulitan menelan
  • Kulit memerah, terutama di sekitar telinga
  • Pembengkakan pada wajah
  • Tubuh yang tiba-tiba sangat lemas

Alergi terhadap vaksin tetanus sangat jarang terjadi, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal tersebut. Namun apabila Anda atau anak mengalami gejala di atas setelah menjalani imunisasi, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk menerima perawatan alergi.Tetanus adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini hidup di tanah dan kotoran binatang. Artinya, bakteri tersebut tersebar di berbagai tempat dan sangat sulit untuk sepenuhnya dihindari. Bakteri penyebab tetanus bisa masuk ke tubuh melalui permukaan kulit yang terbuka akibat luka atau goresan kecil. Setelah masuk ke tubuh, bakteri ini bisa mengeluarkan racun yang memicu kejang, bahkan kematian. Maka dari itu, meski ada kemungkinan efek samping yang bisa terjadi, suntik tetanus tetap penting untuk dilakukan. Manfaat yang akan Anda dapatkan dari imunisasi ini lebih besar dibanding risiko yang mungkin muncul.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*