Nutrisi Penting Untuk Lapisan Anatomi Kulit

Kulit manusia merupakan salah satu bagian tubuh yang berperan penting namun jarang diperhatikan. Pemberian nutrisi pada kulit seringkali diabaikan oleh banyak orang. Padahal anatomi kulit pada tubuh manusia terdiri dari berbagai lapisan sehingga memerlukan nutrisi yang kompleks dan bermacam-macam. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan kulit merupakan bagian yang menunjang berbagai fungsi tubuh manusia. Kulit perlu dijaga terus menerus sebab seiring bertambahnya usia dan berubahnya kondisi medis maka kualitasnya pun bisa menurun drastis. Oleh karena itu, pastikan bahwa nutrisi bagi kulit seimbang dan tercukupi.

anatomi kulit

Berbagai lapisan anatomi kulit

Anatomi kulit manusia terdiri dari 3 lapisan yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis. Ketiganya memiliki peran dan fungsi yang berbeda bagi tubuh. Berikut penjelasan lengkapnya!

  1. Epidermis

Lapisan epidermis merupakan bagian dari struktur anatomi kulit manusia yang paling luar. Epidermis sendiri dibentuk dari 5 stratum atau lapisan sel yaitu stratum korneum, stratum lusidium, stratum granulosum, stratum spinosum, dan stratum basale. Ciri dari epidermis yaitu tidak adanya pembuluh darah sehingga membutuhkan bantuan lapisan lain yang lebih dalam untuk memberikan pasokan nutrisi.

  • Dermis

Lapisan kedua di bawah epidermis disebut lapisan dermis. Anatomi kulit yang satu ini lebih kompleks secara struktur penyusunnya jika dibandingkan dengan lapisan epidermis. Tiga struktur dari lapisan dermis yaitu serat kolagen, serat retikular, dan serat elastis. Kandungan yang terdapat pada lapisan dermis pun juga cukup komplek. Terdapat pembuluh darah bersama dengan sistem limfatik, ujung saraf, jaringan penyambung, sel imunitas kulit, kelenjar keringat, kelenjar minyak, dan folikel rambut.

  • Hipodermis

Anatomi kulit paling dalam yaitu hipodermis yang terletak di bawah dermis. Hipodermis terdiri dari jaringan lemak yang berfungsi sebagai isolasi dan bantalan panas tubuh manusia. Fungsi lain dari hipodermis yaitu melekatkan kulit dengan tulang dan otot serta menyuplai pembuluh darah.

Mengapa nutrisi penting bagi anatomi kulit?

Meski tidak disadari, kulit memiliki tugas yang cukup signifikan bagi tubuh. Anatomi kulit secara keseluruhan berfungsi untuk melindungi otot, tulang, dan organ internal. Tidak hanya itu, kulit pun berperan aktif untuk memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit, menjaga suhu tubuh stabil, membantu sintesis vitamin D, serta melindungi tubuh dari kuman, zat kimia, dan virus. Dengan berbagai tugas yang komplek tersebut, tentunya kulit membutuhkan nutrisi yang cukup serta sesuai dengan jenis lapisannya. Apabila kebutuhan nutrisi bagi kulit tidak terpenuhi, maka berbagai proses tubuh yang memerlukan peran kulit akan mengalami penurunan dan bisa berakibat buruk.

Jenis-jenis nutrisi untuk kulit

Sama seperti organ tubuh yang lain, kulit membutuhkan pasokan nutrisi agar bekerja dengan maksimal. Berikut ini beberapa jenis nutrisi yang baik bagi anatomi kulit.

  1. Air mineral 

Nutrisi yang cukup penting bagi kulit yaitu air mineral. Pastikan kebutuhan air mineral tercukupi setiap harinya sehingga kulit tetap lembab. Selain itu, air mineral bisa membantu mengeluarkan racun dan mengurangi garis kerutan di kulit. 

  • Berbagai jenis vitamin 

Vitamin merupakan nutrisi penting bagi kulit terutama lapisan epidermis. Berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, E, C, dan D cukup baik bagi kulit. Vitamin A berfungsi untuk mengurangi kerutan, mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, serta membantu proses pembentukan keratin. Vitamin E khusus melindungi dari paparan sinar matahari dan menghadapi kerusakan karena radikal bebas. Vitamin C bertugas melindungi kulit dari paparan sinar UV dan membantu proses sintesis kolagen. Vitamin D berperan aktif menutrisi kulit sehingga mempercepat proses perbaikan pada lapisan epidermis serta membantu sistem imunitas. 

  • Omega 3

Omega 3 merupakan nutrisi yang juga penting bagi kulit. Omega 3 merupakan nutrisi eksternal karena tubuh tidak memproduksinya secara mandiri. Perbanyak konsumsi seperti ikan salmon dan ikan sarden agar kebutuhan omega 3 bagi kulit terpenuhi. Omega 3 sendiri membantu agar kulit tetap elastis.

  • Antioksidan 

Antioksidan merupakan nutrisi yang juga penting bagi kulit karena berfungsi untuk mengendalikan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Memberikan nutrisi bagi kulit tentu bukan hanya harus tepat, namun juga konsisten dan teratur sehingga memberikan hasil yang terbaik bagi seluruh lapisan anatomi kulit yang ada di tubuh. Jika merasa membutuhkan konsultasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi dokter kulit sehingga mendapatkan saran dan masukan lebih lanjut.

Hidup Sehat

Melanin adalah pigmen, atau warna, dari kulit, rambut, dan mata seseorang. Umumnya, orang-orang dengan warna kulit yang lebih gelap memiliki jenis melamin yang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang memiliki kulit cerah. Genetik seseorang menentukan warna kulit dan level melanin yang dimiliki. Melanin merupakan pelindung alami dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Mereka yang memiliki lebih banyak melanin mempunyai risiko lebih rendah terkena kanker kulit atau kulit terbakar akibat matahari, menurut Lembaga Kanker Amerika. Warna kulit yang coklat setelah berjemur merupakan sebuah tanda bahwa kulit melepaskan melanin, dan merupakan cara kulit melindungi dirinya dari kerusakan. Namun, para ahli juga menghungkan paparan sinar matahari, kulit terbakar matahari, dan warna coklat kulit dengan kerusakan dan kanker kulit.

Tidak ada penelitian saat ini yang benar-benar membuktikan bahwa makanan atau suplemen tertentu dapat meningkatkan level jenis melanin seseorang. Akan tetapi, mengonsumsi beberapa nutrisi tertentu dapat membantu kulit melindungi dirinya sendiri dari kerusakan UV dan kanker kulit. Ada pula cara-cara tertentu untuk membuat kulit tampak coklat tanpa perlu merusaknya menggunakan sinar UV.

  • Antioksidan

Antioksidan menunjukkan potensi terkuat untuk meningkatkan produksi melanin. Meskipun studi dan percobaan/tes kualitas tinggi tentang hal ini masih dibutuhkan, beberapa peneliti percaya bahwa antioksidan dapat membantu produksi melanin. Nutrisi mikro seperti flavonoid dan polifenol, yang mana berasal dari sayuran dan buah yang kita makan, bertindak sebagai antioksidan yang kuat dan mungkin dapat memengaruhi produksi melanin. Cobalah mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti sayuran hijau, buah beri, coklat hitam, dan sayur-sayuran berwarna-warni untuk mendapatkan antioksidan lebih. Mengonsumsi vitamin dan suplemen mineral juga dapat membantu meningkatkan jenis melanin.

  • Vitamin A

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin A penting untuk produksi melanin dan dibutuhkan apabila Anda ingin memiliki kulit yang sehat. Anda bisa mendapatkan vitamin A dari makanan seperti sayuran yang mengandung beta carotene seperti wortel, ubi jalar, bayam, dan kacang polong.

Mengingat vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan, beberapa peneliti percaya bahwa vitamin ini juga memegang peran penting dalam produksi melanin. Namun, penelitian lebih masih dibutuhkan untuk benar-benar membuktikan bahwa vitamin A dapat meningkatkan jenis melanin pada manusia. Saat ini, klaim bahwa vitamin A dapat meningkatkan produksi melanin hanya bersifat anecdotal. Akan tetapi, mengonsumsi vitamin A (terutama retinol) dapat memiliki manfaat menyehatkan kulit.

Salah satu jenis karotenoid (zat yang memberi warna merah, kuning, dan jingga pada sayuran) ditemukan dalam vitamin A. Zat ini juga memainkan peran penting dalam produksi melanin dan perlindungan UV sinar matahari. Penting diingat bahwa vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak, sehingga dapat menumpuk di dalam tubuh. Institut Kesehatan Nasional menyarankan konsumsi vitamin A sebesar 700 mcg untuk wanita dan 900 mcg untuk pria setiap harinya.

  • Vitamin E

Vitamin E merupakan jenis vitamin yang penting untuk kesehatan kulit, dan merupakan sebuah antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan produksi melanin. Anda bisa mendapatkan vitamin E dari sayuran, gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Beberapa penelitian menyatakan mungkin ada beberapa cara dalam meningkatkan jenis melanin. Meskipun temuan tersebut tidak benar-benar terbukti, konsumsi antioksidan dan vitamin A dianggap bisa meningkatkan level jenis melanin. Mengonsumsi makanan sehat dan suplemen yang mengandung vitamin dan antioksidan juga dapat membantu Anda merawat kulit dan mengurangi risiko kanker kulit.

Hidup Sehat

Kamar Berantakan, Pertanda Anda Depresi?

Sebagian orang mungkin menganggap kamar berantakan adalah hal yang biasa, namun pada sebagian orang lagi hal tersebut amatlah mengganggu. Kamar berantakan bisa terjadi pada remaja ataupun orangtua yang memiliki anak kecil.

kamar berantakan

Tapi tahukan Anda, bahwa kamar yang berantakan bisa menjadi pertanda Anda memiliki gangguan kesehatan mental, depresi misalnya. Depresi adalah penyakit medis yang umum dan serius yang berdampak negatif pada perasaan, cara berpikir, serta Tindakan Anda.

Depresi dapat menyebabkan perasaan sediih atau kehilangan minat pada aktivitas yang pernah diinikmati. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik yang dapat menurunkan kemampuan seseorang untuk berfungsi di tempat kerja atau rumah.

Depresi dan hadir dengan berbagai gejala, salah satunya memiliki kamar yang selalu berantakan. Berikut beberapa gejala depresi yang bervariasi dari ringan hingga berat bisa menyebabkan kamar mereka berantakan dan beberapa hal lainnya.

  • Kelelahan yang terus menerus menjadi tanda awal dari depresi. Gejala ini membuat seseorang tidak memiliki energi atau motivasi untuk membersihkan kamar mereka. 
  • Seseorang yang depresi sering kali menghindari situasi sosial. Itu artinya mereka lebih sering menghabiskan waktu di kamar mereka dan justru malah menyebabkan makin kacau.
  • Rasa putus asa dan sedih sering kali muncul bersamaan dengan depresi. Akibatnya, seseorang tersebut mungkin merasa tidak ada alas an untuk membuat kamarnya menjadi lebih rapi.
  • Gejala fisik yang biasanya muncul karena depresi adalah sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan pada kepala dan perut. Seseorang yang menderita masalah ini biasanya cenderung tidak memprioritaskan kamar yang bersih.
  • Sulit berkonsentrasi adalah gejala lain dari depresi. Kurangnya fokus ini dapat membuat seseorang sulit untuk mengerjakan sesuatu, termasuk membersihkan kamarnya.
  • perasaan gagal dan kritik diri sendiri pun terjadi pada orang yang depresi. Alhasil, mereka menganggap bahwa mereka tidak pantas mendapatkan kamar yang bersih dan teratur. Tinggal di kamar berantakan mungkin merupakan cara alam bawah sadar untuk menghukum diri sendiri.
  • Makan berlebihan dan kebiasaan makan yang terganggu sering kali menyertai depresi. Jika seseorang mengurung diri di dalam kamar dan ngemil di malam hari atau sepanjang hari, bisa jadi mereka depresi dan kondisi tersebut akan membuat mereka semakin kacau.
  • Kesulitan tidur atau terlalu banyak tidur.
  • Merasa tidak berharga atau bersalah.
  • Kehilangan energi atau peningkatan kelelahan.
  • Berpikiran tentang kematian atau bunuh diri.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kekacauan berkaitan dengan kecemasan dan dapat membuat orang merasa tertekan. Hal ini sama dengan kondisi kamar berantakan. Ruangan yang berantakan juga dapat menimbulkan stres dan emosi negatif lainnya.

Kamar berantakan tanda depresi

Jika Anda biasanya termasuk orang yang rapi dan teratur, lalu tiba-tiba Anda menjadi tidak peduli dengan ruangan yang berantakan bisa jadi hal tersebut merupakan suatu tanda bahwa ada sesuatu yang terjadi dalam hidup.

Misalnya saja kondisi tersebut karena depresi. Orang yang depresi sering kali merasa terlalu Lelah ataupun putus asa untuk melakukan kegiatan atau tugas rumah tangga. Depresi tersebut pun membuat Anda sulit untuk tetap fokus dan memiliki energi untuk membereskan kamar berantakan.

Banyak orang yang berjuang untuk mengahdpai depresi yang mereka alami, di mulai dari membersihkan kamar berantakan. Jadi, mulailah dari hal kecil tersebut untuk membuat keadaan lebih baik. Jika lingkungan Anda baik, rapi dan enak dilihat, maka depresi yang Anda alami pun sedikit demi sekidit akan mereda.

Memang bukan hal yang mudah untuk mengubah kondisi yang suah kacau, namun mulailah untuk memotivasi diri sendiri. Depresi adalah penyakit yang nyata dan membutuhkan bantuan orang lain.  Dengan diagnosis yang tepat, Sebagian penderita depresi akan bisa mengatasinya. Jadi, ada baiknya untuk menemui dokter atau psikiater untuk membantu Anda.

Hidup Sehat

Manfaat Daun Kari untuk Kesehatan

Daun kari memiliki aroma yang khas serta rasa seperti buah-buahan sitrus.

Selain bisa digunakan untuk masak, ternyata manfaat daun kari baik untuk kesehatan. Daun kari sendiri berasa dari pohon Murraya koenigii, namun di Indonesia daun kari ini dikenal dengan sebutan “salam koja”. Mulai dari menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, hingga menstabilkan gula darah, bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi daun kari. Jangan samakan daun kari dengan bubuk kari, pasalnya keduanya berbeda. Bubuk dari biasanya dibuat dari campuran kunyit, bubuk cabai, ketumbar, jinten, jahe, dan lada. Sedangkan, daun kari merupakan tanaman yang berasal dari India yang langsung dipetik dari pohon untuk diolah menjadi makanan maupun digunakan sebagai pengobatan tradisional. Di balik aroma dan rasanya yang unik, berikut manfaat daun kari untuk kesehatan.

  1. Berpotensi untuk menurunkan berat badan

Daun kari berpotensi untuk menurunkan berat badan Anda dengan dua cara, yaitu mengeluarkan racun dan membakar lemak di dalam tubuh. Jika tertarik untuk mencobanya, Anda bisa langsung mengunyah daun kari kering yang sudah dibersihkan atau dengan menaburkan di atas menu makanan Anda. Perlu Anda ingat bahwa, imbangi juga dengan berolahraga secara rutin dan pola makan yang sehat.

  1. Menyehatkan jantung

Kolesterol dan trigliserida tinggi adalah faktor risiko penyakit jantung yang harus diwaspadai. Untungnya, daun kari dapat membantu tubuh menurunkan kadar keduanya. Sebuah riset pada hewan uji menunjukkan, tikus obesitas yang mengonsumsi ekstrak daun kari sebanyak 300 miligram per kilogram berat tubuhnya, mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida cukup signifikan. 

Hasil penelitian ini tak lepas dari kandungan mahanimbine yang dimiliki daun kari.Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian pada manusia untuk membuktikan manfaat daun kari dalam menyehatkan jantung ini.

  1. Mencegah kanker

Tes tabung membuktikan bahwa beberapa daun kari dari Malaysia memiliki komponen anti-kanker dan mampu menghambat pertumbuhan kanker payudara yang agresif. 

Ditambah lagi, sebuah penelitian serupa menunjukkan bahwa ekstrak daun kari dapat membunuh sel kanker serviks. Meskipun daun kari terbukti mengandung berbagai komponen antikanker, efektivitasnya terhadap tubuh manusia masih belum terbukti secara ilmiah.

  1. Menstabilkan gula darah

Sebuah penelitian pada hewan uji berhasil membuktikan kalau daun kari dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah datangnya gejala diabetes, seperti sakit saraf dan kerusakan ginjal. 

Meskipun hasil riset tersebut menjanjikan, kita tidak boleh mengonsumsi daun kari begitu saja untuk menjaga gula darah. Sebab, belum ada penelitian pada manusia yang dapat membuktikannya.

  1. Meredakan nyeri

Sebuah riset yang dilakukan pada tikus membuktikan bahwa ekstrak daun kari yang dikonsumsi lewat mulut dapat meredakan nyeri di badan. Lagi-lagi, penelitian pada manusia masih dibutuhkan untuk membuktikan efektivitas daun kari dalam meredakan nyeri di badan.

  1. Mengatasi morning sickness

Rasa mual yang dirasakan di pagi hari atau biasa disebut morning sickness adalah gejala kehamilan yang dapat dirasakan oleh para wanita hamil. Bagi wanita karier, tentu hal ini dapat mengganggu produktivitas di kantor.Cobalah konsumsi daun kari yang dipercaya dapat membantu sekresi enzim pencernaan, sehingga mual dan muntah akibat morning sickness dapat berkurang.Namun ingat, berkonsultasilah dulu pada dokter kandungan sebelum Anda mencoba daun kari. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Hidup Sehat

Benarkah Kekurangan Vitamin Sebabkan Bibir Pecah-Pecah?

Bibir kering atau bibir pecah-pecah dapat menjadi penyebab terjadinya suatu penyakit atau kondisi tertentu pada tubuh. Keretakan pada bibir bisa muncul di permukaan, dan bibir bisa terasa sakit hingga berdarah.

bibir pecah pecah

Kondisi ini sering disebut juga sebagai cheilitis, di mana kondisi umum yang ditandai dengan kekeringan, kemerahan, ataupun retakan pada bibir. Banyak faktor yang menyebabkan bibir pecah, seperti cuaca dingin, paparan sinar matahari dan dehidrasi. Akan tetapi, bibir pecah-pecah bisa menjadi suatu pertanda sesuatu yang lebih serius, misalnya kekurangan nutrisi tertentu. Jadi kekurangan vitamin dan mineral apa sajakah yang menyebabkan bibir pecah?

Kekurangan nutrisi

  • Zat Besi

Zat besi sangat diperlukan untuk beberapa proses dalam tubuh, termasuk transportasi oksigen, sintesis DNA, dan produksi sel darah merah. Selain itu, mineral pun memainkan peranan penting dalam kesehatan kulit, penyembuhan luka dan penyembuhan peradangan.

Kekurangan zat besi dapay menyebabkan chelitis yang ditandai dengan peradangan dan kekeringan pada satu atau dua sisi mulut Anda. Dan, kekurangan mineral pun dapat menyebabkan kulit pucat, kuku rapuh dan kelelahan.

  • Zinc

Zinc merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan Anda. Faktanya, kekurangan zinc dapat merusak kesehatan kulit, pencernaan, mengganggu fungsi kekebalan tubuh, kesehatan reproduksi, dan pertumbuhan serta perkemabangan. Kekurangan zinc pun dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, serta kering, iritasi, dan perdangan pada sisi mulut Anda. Gejala lain yang disebabkan oleh kurangnya zinc adalah diare, penurunan kekebalan, borok kulit dan rambut rontok.

  • Vitamin B

Vitamin B adalah jenis vitamin yang terlibat dalam produksi energi, fungsi sel, perbaikan jaringan dan penyembuhan luka. Bibir pecah-pecah merupakan gejala umum dari defisiensi terutama pada folat (vitamin B9), riboflavin (vitamin B2), dan vitamin B6 dan B12.

Seseorang dengan kelainan yang mempengaruhi penyerapan nutrisi, seperti gastritis kronis sangat rentan terhadap kekurangan vitamin. Selain itu, kekurangan vitamin B dapat menyebabkan dermatitis, depresi, mudah marah dan kelelahan.

Penyebab lain bibir pecah-pecah

Selain kekurangan nutrisi, beberapa kondisi lain dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Misalnya saja seperti kondisi cuaca dingin atau berangin yang dapat menyebabkan bibir Anda mengering dan menjadi pecah-pecah. Dehihdrasi serta sering menjilat bibir secara berlebihan pun dapat membuat bibir kering hingga pecah-pecah.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab lain bibir pecah-pecah yang lebih mengkhawatirkan.

  • Reaksi alergi

Jika bibir Anda terlihat kering dan pecah-pecah, bisa jadi ini merupakan tanda dari reaksi alergi. Hal ini bisa menjadi alergi terhadap kosmetik bibir yang Anda gunakan. Biasanya ada kandungan tertentu pada kosmetik bibir tersebut yang menimbulkan reaksi tersebut. Bahkan, bisa menjadi reaksi alergi makanan tertentu.

  • Dehidrasi

Bibir kering, bibir pecah-pecah, mulut dan mata adalah satu tanda Anda dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk menghindarinya, ada baiknya untuk setidaknya mengonsumsi air minimal 8 gelas per hari. Anda juga dapat menggunakan pelembab bibir dengan bahan-bahan yang melembabkan nseperti shea butter ataupun jojoba.

  • Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah, hingga seperti retakan. Tidak hanya melindungi kulit dari matahari, Anda pun disarankan untuk melindungi bibir dari sinar UV yang dapat menyebabkan peradangan. Bahkan ketika sudah masuk musim dingin.

  • Terlalu banyak vitamin A

Mengonsumsi vitamin memang baik untuk tubuh, tetapi terlalu banyak mengonsumsi pun tidak akan baik bagi tubuh. Pasalnya, bibir pecah-ppecah bisa menjadi salah satu tanda Anda kelebihan vitamin A. Kondisi seperti ini dapat terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin A. Padahal dengan makanan ataupun minuman yang mengandung vitamin A sudah cukup.

Dalam beberapa kasus, mengoleskan lip balm sepanjang hari adalah cara termudah untuk merawat bibir pecah-pecah dan kering. Nah, untuk bibit yang sangat kering, mengelupas, atau pecah-pecah Anda dapat mengoleskan salpe yang lebih tebal, seperti petroleum jelly. Jika Anda merasa kekurangan gizi, bicarakan hal tersebut dengan ahli gizi Anda dan kunjungi dokter jika keadaan tidak juga membaik bahkan cenderung memburuk.

Hidup Sehat

Senam Cerdik, Aktivitas Moderat untuk Lansia

Menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, berapapun usia Anda saat ini, begitupun dengan lansia. Oleh karena itu Menteri Kesehatan memberi instruksi mengenai senam cerdik.

Orang dewasa yang lebih tua harus melakukan beberapa jenis aktivitas fisik setiap hari. Orang dewasa berusia 65 tahun ke atas harus:

  • Bertujuan untuk aktif secara fisik setiap hari.  Aktivitas apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.  Semakin banyak Anda melakukan lebih baik, bahkan jika itu hanya aktivitas ringan
  • Melakukan aktivitas yang meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas setidaknya 2 hari seminggu.

Aktivitas ringan merupakan aktivitas yang membuat Anda bergerak daripada duduk atau berbaring. Contoh aktivitas ringan meliputi:

  • Bangun untuk membuat secangkir teh
  • Bergerak di sekitar rumah 
  • Berjalan dengan lambat
  • Membersihkan dan membersihkan debu
  • Berdiri

Aktivitas moderat akan meningkatkan detak jantung dan membuat nafas lebih cepat dan terasa lebih hangat. Contoh aktivitas intensitas sedang adalah senam cerdik.

Senam cerdik sendiri adalah gerakan ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Dengan durasi yang tidak lama, sekitar 15 sampai 45 menit, tergantung kelompok usia yang melakukannya. Tetapi, ternyata manfaat senam cerdik sangat luar biasa jika dilakukan secara rutin.

Kenapa dinamakan senam cerdik? Ternyata cerdik disini memiliki arti tersendiri. Yaitu, Cek kesehatan secara teratur; Enyahkan asap rokok; Rajin olahraga; Diet seimbang; Istirahat cukup; serta Kelola stres dengan baik.

Menteri kesehatan mengeluarkan instruksi mengenai gerakan masyarakat hidup sehat dikarenakan sedang maraknya penyakit tidak menular, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kolesterol. 

Dalam melakukan senam cerdik, terdapat 3 tahapan yaitu pemanasan, gerakan inti dan pendinginan. Masing-masing tahapan sangat penting untuk dilakukan.  

Senam cerdik termasuk ke dalam olahraga yang progresif, dimana berfokus pada meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan daya tahan. Selain itu, senam cerdik merupakan salah satu cara yang bagus untuk bertemu teman baru dan bersenang-senang.

Senam cerdik merupakan aktivitas olahraga yang tidak terlalu berat, selain menyenangkan, melakukan senam cerdik secara rutin dapat memberikan Anda manfaat kesehatan secara keseluruhan.

Hidup Sehat

Menjadi peserta BPJS Kesehatan termasuk banyak manfaat yang didapatkan. Salah satu layanan yang ditanggung adalah kesehatan untuk ibu hamil. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja fasilitas kesehatan BPJS yang bisa Anda dapatkan selama masa kehamilan ini.

Agar lebih jelas dan tidak menimbulkan salahpahaman, berikut fase dan penanganan yang akan Anda dapatkan dari layanan BPJS Kesehatan.

Layanan di Masa Kehamilan

Kondisi kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan harus mendapat perhatian penting selama masa kehamilan yang terbilang cukup lama.

Selama masa kehamilan ini, BPJS Kesehatan menanggung pemeriksaan rutin untuk ibu hamil. Pemeriksaan kandungan ini bisa dilakukan di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat I yaitu puskesmas, klinik, dan fasilitas kesehatan lain asal sudah terdaftar dalam jaringan BPJS.

Jika ibu hamil memiliki masalah terhadap kandungannya dan butuh tindakan medis yang serius, tapi faskes tingkat I tidak dapat menangani karena kurangnya fasilitas dan perlatan, maka ibu hamil akan mendapat surat rujukan untuk ke Faskes Tingkat Kedua. Faskes rujukan biasanya adalah rumah sakit yang punya fasilitas yang lebih lengkap.

Layanan USG

Layanan USG ini bertujuan untuk mengetahui kondisi bayi dalam kandungan. USG juga diperlukan untuk melihat jenis kelamin janin dalam kandungan. Hampir dipastikan ibu hamil akan melakukan USG beberapa kali selama masa kehamilan untuk memastikan kondisi kandungannya tidak bermasalah.

Namun, ada ketentuan tindakan USG yang ditanggung BPJS Kesehatan. BPJS hanya menanggung USG jika kandungan mengalami masalah serius dan berisiko pada keselamatan dan kesehatan ibu dan bayinya. Sehingga dengan kondisi ini dokter pasti menyarankan untuk melakukan tindakan USG. Untuk USG dengan kondisi seperti ini, semua biaya akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Namun, jika tindakan USG hanya untuk keinginan dan kemauan ibu hamil saja, maka tindakan tersebut tidak ditanggung oleh BPJS, melainkan pasien yang harus membayar dengan dana pribadinya. Biaya untuk USG ini juga bervariasi, tergantung klinik atau rumah sakit tempat dilakukannya USG.

Layanan Persalinan

Layanan fasilitas Kesehatan BPJS bagi ibu hamil selanjutnya adalah saat proses persalinan. Biasanya ibu hamil yang menggunakan BPJS Kesehatan bisa melakukan proses persalinan di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat I seperti puskemas, klinik, atau dokter yang buka praktek dan bekerjasama dengan BPJS. Namun, jika kondisi yang dialami pasien saat proses persalinan cukup serius dan butuh penanganan yang lebih lanjut, persalinan akan dilakukan ke faskes tingkat II. Tentu saja mengikuti proses rujukan.

Untuk beberapa kasus yang memang butuh penanganan segera dan kondisi darurat yang membahayakan keselamatan ibu dan bayi, proses persalinan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat tanpa perlu melapor ke kantor cabang BPJS.

Misalnya ibu hamil mengalami kejang, pendarahan, ketuban pecah dini, dan kondisi serius lainnya dan harus segera mendapat penanganan. Saat kondisi ini, pihak BPJS menganjurkan agar ibuhamil segera mendapatkan pertolongan medis yang tepat ke faskes atau RS lainnya.

Layanan Operasi Caesar

Layanan operasi caesar saat proses melahirkan memang butuh biaya yang cukup besar. BPJS Kesehatan sebenarnya dapat menanggung biaya operasi caesar ini dengan kondisi dan syarat tertentu.

Operasi caesar yang ditanggung oleh BPJS harus atas rujukan dari dokter. Operasi caesar direkomendasikan jika keselamatan dan kesehatan ibu serta bayinya terancam jika dipaksakan melahirkan dengan metode normal. Maka kondisi ini akan ditanggung oleh BPJS.

Namun, bila operasi caesar hanya dilakukan berdasarkan keinginan atau inisiatif sendiri dari ibu hamil bukan atas rekomendasi dokter, maka seluruh biaya operasi akan ditanggung pasien sendiri.

Maka, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui secara detail fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan sehingga tidak menimbulkan maslah di kemudian hari, baik itu dalam proses pengurusan atau prosedurnya, atau kendala-kendala lain yang menghambat proses pemeriksaan ataupun persalinan.

Hidup Sehat

Cara Masak Makanan untuk Diet Lambung

Apakah Anda sering merasa perut terasa perih atau sakit? Bahkan hingga dada terasa seperti terbakar atau sesak pada bagian dada? Jika pernah atau sering mengalami salah satu dari gejala tersebut, kemungkinan ada masalah dengan lambung Anda.

diet lambung

Kondisi tersebut biasanya disebabkan adanya luka pada lambung atau yang biasa disebut tukak lambung, maag, asam lambung hingga gerd. Beberapa masalah lambung tersebut harus segera diatasi dengan diet lambung, artinya mulai memilah milih apa saja makanan atau minuman yang boleh Anda konsumsi. Jika tidak, maka kondisi tersebut akan semakin parah dan buruk bagi kesehatan Anda.

Adanya sensasi terbakar dibagian dada biasanya disebabkan adanya pergerakan isi lambung yang asam menuju/ke atas kerongkongan dan bisa menyebabkan iritasi. Selain merasa tidak nyaman, asam yang naik ke tenggorokan tersebut dapat menyebabkan rasa pahit di mulut jika mencapai faring.

Nah, Anda perlu mengenali apa yang menjadi pemicu tukak lambung tersebut. Tentunya beda orang beda pula pemicunya, beberapa diantaranya adalah makanan berlemak. Makanan berlemak menjadi pemicu karena mereka daat memperlambat transit makanan melalui usus, yang membuat perut terisi lebih lama Hal lain yang bisa menjadi pemicu adalah makanan asam, cuka, tomat, lada hitam ataupun jeruk.

Makanan Apa yang Baik untuk Penderita?

Lalu, makanan apa yang baik bagi penderita? Seperti yang telah dijelaskan tadi, untuk mulai diet lambung disarankan untuk menghindari makanan berlemak sebanyak mungkin, kalau perlu tidak usah dimakan. Konsumsi makanan yang dipanggang atau direbus selama melakukan diet lambung. Anda bisa memilih daging tanpa lemak, termasuk unggas dan ikan yang memiliki sedikit lemak.

Makanan yang direbus ataupun dipanggang akan sangat baik untuk kondisi lambung penderita maag atau gerd, dibandingkan makanan yang digoreng. Kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian dan sayuran bisa menjadi pilihan lain untuk Anda konsumsi.

Saat sarapan, Anda bisa memulai hari dengan oatmeal yang dicampur dengan buah, kismis ataupun sedikit kayu manis untuk tambahan rasa. Jus atau mengonsumsi salad buah pun bisa dikonsumsi secara bergantian.

Oatmeal mengandung serat yang tinggi dan daat membuat usus Anda sehat. Dengan begitu Anda bisa mengurangi porsi sarapan dan rasanya pun enak. Tambahan susu saat sarapan pun bisa menjadi alternatif lain untuk menghindari kebosanan.

Pisang, salah satu buah yang aman saat diet lambung adalah pisang. Yap, pisang segar dengan kematangan yang cukup sangat baik untuk mencegah naiknya asam lambung. Serat pada pisang pun akan mempercepat perjalanan makanan ke usus, sehingga mencegah makanan lebih lama berada di dalam perut. Dengan begitu akan membatasi produksi asam dan mengurangi kemungkinan terjadinya refluk asam.

Melon menjadi buah lainnya dalam membantu memperbaiki lambung yang luka. Pasalnya, melon memiliki asam yang hanya sedikit sekali serta memiliki kandungan air dan gizi yang banyak. Hal inilah yang membuat melon disarankan untuk dijadikan camilan para penderita tukak lambung.

Roti gandum, banyak sekali orang yang salah memilih saat harus diet lambung dengan mengonsumsi roti. Padahal, roti mengandung asam yang tinggi dan tidak disarankan untuk dikonsumsi. Berbeda dengan roti gandum yang aman untuk dikonsumsi penderita gerd. Anda dapat mengonsumsi secara dipanggang ataupun dimakan begitu saja. Anda pun bisa menambahkan buah segar, telur, mentega, kacang atau sedikit yogurt pada roti gandum.  

Bagaimana Makanan Dimasak untuk Mencegah Naiknya Asam Lambung?

Sayuran tentunya akan lebih enak jika dimasak dengan craa direbus ataupun dikukus. Namun, memanggang adalah cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi sayuran, karena dengan memanggang sayuran biasanya akan mengeluarkan gula alami yang terdapat dalamnya.

Beberapa sayuran yang cocok untuk dipanggang adalah wortel, ubi jalar, labu, kembang kol, kubis ataupun brokoli. Selain itu, untuk membuat diet lambung lebih menyenangkan Anda bisa menumis atau memanggang dengan menambahkan remah-rempah lain, namun tetap hindari yang asam dan terlalu pedas.

Bagaimana dengan yogurt, apakah aman? Nah, yogurt yang tidak terlalu asam bisa Anda konsumsi tanpa takut melukai lambung. Pasalnya, yogurt yang tidak terlalu asam mengandung probiotik yang dapat membantu menormalkan fungsi usus. Yogurt juga kaya akan protein dan dapat menormalkan ketidaknyamanan pada perut.

 Dengan mengikuti beberapa aturan di atas diharapkan diet lambung yang Anda lakukan akan berhasil mengobati masalah pada lambung. Jika keadaan belum membaik atau semakin buruh disarankan untuk mendatangi dokter dan konsultasi lebih lanjut tentang kondisi yang Anda alami. Sehat selalu!

Hidup Sehat

Telinga terasa berdenging atau pengang hingga nyeri saat naik pesawat, menyelam, lift yang tinggi atau berada pada cuaca yang dingin? Ternyata hal ini tidak hanya terjadi pada Anda, beberapa orang pun merasakan hal yang sama. Hal ini terjadi karena adanya tekanan udara.

Ketika berada di daratan, keadaan udara di dalam telinga dan di luar telinga kurang lebih hampir sama. Maka pada saat di darat Anda tidak merakanan tekanan udara yang begitu besar. Berbeda ketika berada di atas pesawat ataupun sedang pada cuaca dingin, Anda akan mengalami perubahan tekanan udara secara mendadak.

Nyeri pada telinga ini pun sering disebut sebagai barotrauma. Di mana kondisi yang mengakibatkan ketidaknyamanan dan rasa sakit pada telinga karena perubahan tekanan yang terjadi. Nah, perubahan secara mendadak tersebut akan membuat saluran eustachius pada telinga kesulitan untuk menyeimbangkan tekanan, sehingga telinga akan terasa nyeri.

Meskipun keadaan ini bukanlah suatu hal yang berbahaya, tetapi pada beberapa orang jika hal tersebut terjadi secara berulang-ulang maka bisa menyebabkan masalah yang lebih serius pada telinga. Jika itu terjadi, ada baiknya Anda langsung menghubungi dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika melakukan perjalanan menggunakan pesawat, liburan ke dataran tinggi ataupun sedang berada pada udara dingin.

Makan atau mengunyah permen karet

Melakukan berbagai kegiatan selama dipesawat atau sedang merasa nyeri pada telinga karena tekanan udara yang sangat tinggi adalah salah satu cara untuk meringankan rasa sakit. Misalnya saja dengan mengunyah permen karet, makan atau mengunyah permen yang keras.

Kegiatan mengunyah atau menelan ini dapat membantu telingan dalam mengatur keseimbangan tekanan yang terjadi pada telinga. Dengan kegiatan tersebut memungkinkan udara untuk keluar dari telinga ke tenggorokan, dan meminimalkan rasa sakit karena efek perubahan tekanan tersebut. Selain itu, Anda pun bisa mencba untuk menguap atau menelan ludah untuk mengurangi tekanan.

Air hangat dan kompres handuk

Nah,, jika Anda sedang terkena flu atau sedang pada kondisi liburan ditempat dingin dan ada kondisi telinga nyeri karena tekanan bisa mengompres telinga dengan handuk yang telah direndam air hangat. Berbaringlah pada satu sisi dan letakkan handuk tadi pada telinga. Hangat pada handuk tersebut dapat meringankan rasa sakit karena tekanan.

Melembabkan udara disekitar

Ketika Anda berada pada keadaan telinga sakit karena masalah perubahan tekanan udara, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan melembabkan udara sekitar atau udara dalam ruangan. Cobalah untuk menggunakan humidifier portable yang dapat membuat udara kering di ruangan menjadi lebih lembab. Saat ini banyak orang yang sudah menggunakan humidifier untuk membauat suasana ruangan lebih nyaman. Dan, hal ini pun dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada telinga.

Dari beberapa cara meredakan sakit telinga karena perubahan tekanan udara di atas,  Anda pun bisa menyemprotkan cairan dekongestan ke dalam hidung sekitar kurang lebih 30 menit sebelum penerbangan untuk meminimalisir sakit telinga.

Car a lain yang bisa Anda lakukan adalah menjepit hidung, tarik napas dari mulut dam cobalah untuk tetap menghembuskan napas melalui hidung secara perlahan.

Semoga beberapa cara di atas dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbukan akibat takanan udara. Namun jika rasa sakit berlanjut atau penangananya tidak tepat maka bisa memperburuk keadaan, terlebih lagi pada anak kecil.  Maka mengunjungi dokter untuk berkonsultasi adalah cara terbaik jika keadaan tidak membanik.

Hidup Sehat

Ketenaran keju cottage semakin lama semakin menanjak seiring meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memilih gaya hidup sehat. Khususnya bagi masyarakat yang rutin menjalankan diet sehat, jenis keju yang satu ini kerap menjadi pilihan karena mengandung protein tinggi, namun tetap rendah lemak. Karena itu tak jarang, keju cottage disebut juga keju diet.

Rendahnya lemak keju cottage sendiri dikarenakan susu yang digunakan untuk pembuatan keju ini sudah dipasteurisasi terlebih dahulu menjadi susu rendah lemak. Setelah itu, pembuatan keju cottage baru dimulai. Selain susu, zat asam dari cuka atau jeruk nipis ditambahkan untuk proses fermentasi. Setelah proses selesai, keju cottage juga bisa langsung dinikmati tanpa harus melalui proses penuaan sehingga rasanya lebih segar dan. Teksturnya pun lebih lembut dibandingkan keju tua, seperti parmesan maupu keju gouda. 

Namun selain untuk diet, sebenarnya jenis keju segar ini memiliki segudang manfaat lain yang menakjubkan. Beberapa di antaranya di bawah ini sangat mungkin membuat Anda segera memburu keju cottage sekarang juga!

Kuatkan Tulang dan Gigi

Keju yang berbahan dasar susu pada intinya memang memiliki peran besar dalam menguatkan tulang dan gigi. Tidak terkecuali untuk keju cottage, Anda bisa menyantapnya secara teratur untuk memastikan tulang dan gigi Anda terjaga dengan baik sampai hari tua.

Kemampuan keju cottage dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi dikarenakan kandungan kalsiumnya yang tinggi. Dalam setiap 100 gram keju cottage, sebanyak 83 persennya merupakan kalsium. Luar biasa, bukan?

Melindungi Sel Tubuh

Dalam sel tubuh yang sehat dan terjaga, terdapat kesehatan yang dapat terus dipapah dan dihindari dari berbagai penyakit. Keju cottage sendiri dapat menjadi jawaban bagi Anda yang selalu ingin melindungi sel tubuh berikut DNA yang ada di dalamnya.

Pasalnya, keju cottage memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu melindungi sel tubuh. Antioksidan mampu mencegah kerusakan yang timbul pada sel tubuh Anda. Umumnya untuk bisa menciptakan manfaat pelindungan sel ini, tiap orang membutuhkan setidaknya 50—70 mcg antioksidan tiap harinya.

Jaga Kesehatan Jantung

Produk turunan susu biasanya dihindari oleh penganut keras gaya hidup sehat. Lemak yang cukup tinggi pada susu disinyalir bisa meningkatkan tingkat kolesterol dalam darah sehingga berujung pada terganggunya kesehatan jantung. Namun, hal ini sepertinya tidak berlaku untuk keju cottage.

Ini karena kandungan lemak jenuh pada jenis keju segar ini terbilang minim dibandingkan produk susu lainnya. Kandungan lemak yang rendah membuat risiko pencetakan plak lemak pada aliran pembuluh darah pun dapat dihindari. Dengan begitu, kesehatan jantung akan lebih terjaga.

Pulihkan Usus Bermasalah

Proses fermentasi yang dilakukan pada pembuatan keju cottage membuat jenis keju ini sangat mirip dengan yogurt. Di mana di dalam jenis keju diet ini, tersimpan kandungan bakteri aktif, seperti L. acidophilus dan B. Bifidum.

Kedua jenis bakteri ini nyataya sangat ampuh memulihkan masalah percernaan. Khususnya, baik L.acidophilus maupun B. Bifidum dapat membuat usus yang rusak perlahan kembali sehat. Anda pun akan merasakan percernaan yang lebih lancar ketika mengonsumsi keju cottage yang memiliki kandungan kedua bakteri aktif tersebut.

Dukung Perkembangan Janin

 Keju cottage nyatanya juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut karena keju segar yang satu ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat sendiri merupakan komponen yang baik untuk mendukung perkembangan janin.

Asam folat umumnya terdapat pada sayuran hijau dan kacang-kacangan. Kebutuhan asam folat orang dewasa tiap harinya mencapai 400 mcg. Akan tetapi jika Anda sedang hamil, kebutuhan asam folat akan meningkat dua kali lipat karena adanya janin dalam rahim Anda. Untuk itu, penambahan makanan kaya asam folat seperti keju cottage sangat bijak untuk pemenuhan asam folat yang Anda perlukan.

***

Banyaknya manfaat dari keju cottage pastinya membuat Anda semakin penasaran menyantap jenis keju yang satu ini. Tenang saja selain kandungan gizi yang melimpah dan banyak manfaat mengagumkan, rasa dari keju segar yang ini bisa membuat Anda ketagihan.

Hidup Sehat