6 Cara Menghilangkan Lemak di Wajah Tanpa Stres

Wajah merupakan bagian tersulit untuk digerakkan secara efektif dalam berolahraga. Tidak heran, sebagian orang pun menganggap lemak di wajah menjadi bagian yang paling sulit untuk dibetuli. Pikiran ini tidak jarang membuat banyak orang stres melihat timbunan lemak yang membuat pipi, dagu, dan leher tampak penuh dengan lemak.

Padahal sebenarnya, banyak cara menghilangkan lemak di wajah yang tidak akan membuat Anda stes. Ini karena cara-cara untuk menghilangkan lemak di bagian wajah sebenarnya tidak sulit dan bisa dilakukan dengan kebiasaan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan lemak di wajah yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Cara-cara ini terbukti akan menghilangkan stres Anda akibat tiap hari melihat pipi tembam dan dagu berlipat.

  1. Perbanyak Air Putih

Kunci utama cara menghilangkan lemak di wajah adalah membiarkan tubuh terhidrasi dengan cukup. Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu memastikan asupan cairan yang diperlukan tubuh terpenuhi. Rata-rata kebutuhan cairan tiap orang per hari adalah 2,5 liter. Pastikan pula cairan yang masuk tidak mengandung gula berlebih. Cairan terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan lemak di bagian manapun, termasuk di wajah, adalah air mineral atau air putih. Mengonsumsi air putih utamanya perlu dilakukan tiap bangun tidur, sehabis makan, dan sebelum tidur.

  • Pilih Makanan Berserat

Lemak dapat terkurangi jika metabolisme tubuh lancar sehingga sisa dan ampas makanan bisa langsung terbuang sebagai feses. Untuk memperlancar pencernaan, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat. Kebutuhan serat harian orang sewajarnya berkisar 25—38 gram. Anda bisa memperoleh asupan serat dari kacang-kacangan dan buah-buahan. Menyantap makanan berserat juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga asupan lemak bisa dibatasi.

  • Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup bisa membuat berat badan Anda terjaga, bahkan berkurang. Ini pun bisa menjadi cara menghilangkan lemak di wajah yang cukup efektif. Pasalnya ketika Anda bisa beristirahat khususnya tidur selama 6—8 jam sehari, Anda mampu mengontrol nafsu makan dan menyeimbangkan metabolisme tubuh. Sebaliknya ketika kurang istirahat, Anda akan cenderung mudah merasa lapar karena tubuh mengeluarkan hormon ghrelin lebih besar.

  • Hindari Makanan Olahan

Berpikir hendak kurus kemudian tidak mengonsumsi sumber karbohidrat sama sekali adalah anggapan yang keliru. Kurang karbohidrat akan membuat Anda tidak berenergi dan cenderung menjadi kalap ketika melihat makanan. Yang mesti Anda hindari untuk menghilangkan lemak di wajah ataupun bagian tubuh lain adalah beragam makanan olahan, seperti keripik, sarden, sosis, ataupun bakso. Makanan olahan cenderung memiliki kadar garam, gula, dan kalori tinggi, yang membuat lemak tubuh sulit hilang atau justru bertambah pesat.

  • Kurangi Asupan Garam

Lemak di wajah kebanyakan disebabkan oleh asupan garam yang berlebih. Pasalnya, garam membuat tubuh menahan air sehingga memicu pembengkakan di berbagai bagian. Ini termasuk memberi ilusi lemak pada wajah Anda. Satu-satunya cara menghilangkan lemak di wajah akibat kebanyakan garam tentu saja dengan mengurangi konsumsinya. Idealnya, kebutuhan garam harian seseorang hanya 5 gram sehari atau setara 1 sendok teh. Sangat sedikit, bukan?

  • Sering Tersenyum

Cara menghilangkan lemak di wajah yang cukup efektif adalah dengan melakukan senam muka. Anda mungkin berpikir latihan senam di bagian wajah cukup sulit dan menjadi enggan melakukannya. Padahal salah satu gerakan senam muka adalah menahan senyum. Jadi tidak usah pusing denan rutinitas senam muka yang mesti Anda jalankan untuk memudarkan lemak di wajah. Anda cukup lebih sering tersenyum guna membuat lemak di wajah luntur secara perlahan.

***

Cara-cara menghilangkan lemak wajah di atas sangatlah mudah dan bisa Anda lakukan kapan saja. Kuncinya hanya Anda konsisten melakukannya. Jangan mengharapkan hasil yang instan karena umumnya hasil dari cara menghilangkan lemak di wajah memerlukan waktu yang cukup lama.

Hidup Sehat

Seberapa Besarkah Manfaat Air Lemon untuk Tubuh Anda?

Air lemon memang selalu menjadi incaran untuk dijadikan minuman alami yang menyehatkan tubuh. Banyak sekali klaim manfaat air lemon untuk tubuh, sehingga orang-orang rutin meminumnya setiap hari, bahkan di pagi hari di saat perut masih kosong. Mau hangat atau dingin, air lemon selalu menggoda untuk diminum. Nah, seberapa besarkah manfaat air lemon untuk tubuh hingga orang banyak meminumnya? Cari tahu lebih lanjut yuk, disini!

Ragam manfaat air lemon untuk tubuh

Secara umum, gambaran manfaat air lemon sudah terlihat dari kandungan gizi yang terdapat dalam segelas air lemon. Untuk lebih rincinya, berikut manfaat air lemon untuk tubuh Anda:

  1. Menghidrasi tubuh.

Mungkin bagi sebagian orang ada masih malas minum air putih dengan cukup setiap hari. Dengan tambahan perasan buah lemon di dalamnya, Anda pun jauh lebih bersemangat dan tertarik untuk meminumnya.

  • Sumber vitamin C yang baik.

Seperti yang telah Anda ketahui, lemon kaya akan vitamin C. Memenuhi asupan vitamin C setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Menurut USDA, perasan satu buah lemon dapat menyediakan vitamin C sekitar 18,6 miligram.

  • Membantu program diet penurunan berat badan.

Sebenarnya, penelitian terkait air lemon untuk penurunan berat badan pada manusia hingga saat ini masih belum jelas. Namun, penelitian yang dilakukan pada tikus berhasil menunjukkan bahwa polifenol dalam lemon mampu mengurangi penambahan berat badan pada tikus. Selain itu, senyawa antioksidan ini berefek pada kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin.

  • Memelihara kesehatan kulit.

Manfaat air lemon ini berasal dari kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit, mencegah kulit kering, dan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

  • Melancarkan sistem pencernaan.

Minum air lemon, baik itu hangat atau panas, saat bangun tidur akan melancarkan sistem pencernaan Anda. Pengobatan Ayurveda menyatakan bahwa rasa asam lemon akan membantu merangsang pencernaan Anda, sehingga makanan lebih mudah dicerna dan membantu mencegah penumpukan racun.

  • Menyegarkan nafas.

Cobalah mengoleskan lemon pada tangan Anda untuk menghilangkan bau bawang atau bau menyengat lainnya. Efek yang sama mungkin juga berlaku untuk bau mulut yang disebabkan oleh makanan berbau yang kuat, seperti bawang putih, bawang merah, atau ikan. Dengan minum segelas air lemon setelah makan dan di pagi hari, dapat membantu mencegah bau mulut dan menyegarkan nafas.

  • Membantu mencegah batu ginjal.

Manfaat air lemon yang tidak kalah hebatnya adalah membantu mencegah batu ginjal. Ini karena kandungan asam sitrat dalam lemon. Senyawa ini dapat membantu memecah batu-batu kecil di ginjal yang menjadi penyebab batu ginjal.

Cara membuat air lemon

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat air lemon tersebut, Anda perlu meminumnya secara rutin. Tenang saja, Anda tidak perlu ribet dalam membuat air lemon, karena cukup satu buah lemon saja untuk segelas air lemon yang menyegarkan.

Anda bisa membuat air lemon dengan melarutkan perasan setengah atau satu buah lemon ke dalam 250 ml air hangat atau dingin, sesuai selera Anda. Agar lebih sehat, gunakan air yang telah disaring dan buah lemon organik.

Jika ingin menambahkan rasa, Anda bisa menambahkan:

  • Daun mint secukupnya.
  • Satu sendok teh madu mentah atau sirup maple.
  • Seiris jahe segar.
  • Sejumput kayu manis.
  • Taburan kunyit.
  • Irisan buah jeruk segar lainnya, seperti jeruk nipis, atau irisan ketimun.

Membuat air lemon dalam bentuk es batu lemon juga bisa menjadi alternatif yang bagus untuk menambahkan lemon ke dalam air minum Anda dengan cepat. Caranya dengan peras buah lemon segar ke dalam wadah es batu, lalu bekukan. Saat Anda ingin minum, berikan beberapa es batu lemon ke dalamnya sesuai kebutuhan.

Menarik sekali bukan manfaat air lemon untuk tubuh? Cara membuatnya pun bisa Anda lakukan di rumah dengan mudah. Selamat mencoba!

Hidup Sehat

Saat ini sorgum telah banyak beredar di pasaran, namun belum cukup populer di kalangan masyarakat. Biji sorgum mengandung tinggi protein. Salah satu manfaat sorgum yaitu dapat dijadikan altenatif beras. Akan tetapi, ternyata sorgum juga merupakan bahan pangan bebas gluten sehingga cocok dikonsumsi penderita penyakit celiac.

Diet penderita celiac

Penyakit autoimun ini mengakibatkan penderitanya harus menghindari makanan atau minuman yang mengandung gluten seumur hidup. Menurut Journal of Gastroenterology and Hepatology, gluten merupakan bentuk campuran protein gliadin dan glutenin, serta beberapa jenis protein lainnya. Gluten dapat ditemukan di gandum, barley, rye, dan biji-bijian lainnya.

Produk olahan mengandung gluten yang biasa dikonsumsi diantaranya mie, pasta, roti, biskuit, oat, bir, saus dan segala olahan yang berbahan dasar tepung terigu. Tepung terigu berasal dari biji gandum yang dihaluskan.

Jika penderita celiac mengonsumsi gluten maka tubuhnya akan menimbulkan reaksi berlebihan, berbeda dengan orang normal pada umumnya. Gluten menyebabkan vili atau jonjot di dalam usus halus terluka dan rusak sehingga tidak mampu menyerap makanan dengan baik. Akibatnya, penderita berisiko mengalami kekurangan gizi. Bahkan bisa mengakibatkan keguguran, kemandulan, gangguan saraf, atau jenis kanker tertentu.

Oleh karena itu, penderita celiac diharuskan melakukan diet bebas gluten. Beberapa bahan pangan yang bebas gluten dan dapat ditemukan dengan mudah diantaranya buah dan sayur, kacang-kacangan tanpa proses olahan, telur, daging tanpa proses olahan (bukan daging kaleng, daging beku, dsb), ikan, produk olahan susu yang rendah lemak.

Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir tidak bisa mengonsumsi produk olahan yang berbahan dasar tepung karena saat ini telah banyak jenis tepung bebas gluten yang mampu mensubstitusi tepung terigu.

Sorgum tergolong bebas gluten

Meskipun sorgum telah lama diketahui aman untuk penderita celiac karena bebas gluten, namun uji klinisnya baru dilakukan pertama kali tahun 2007. Setelah responden penelitian diberikan makanan olahan sorgum selama lima hari, hasilnya tidak ada gejala celiac yang muncul serta kadar antibodi tidak berubah. Artinya, tidak ada reaksi autoimun tubuh. Oleh karena itu, sorgum dipastikan aman dan cocok dijadikan bahan pangan bebas gluten.

Menurut International Journal of Food Properties, biji sorgum banyak mengandung protein, pati, vitamin B kompleks. Sorgum juga mengandung senyawa bioaktif falvonoid. Senyawa ini berfungsi memperbaiki sel rusak akibat radikal bebas, juga mampu mengurangi risiko kanker, tumor, hipertensi, maupun diabetes.      

Saat ini sorgum dan olahannya seperti tepung sorgum mudah ditemukan. Pada tahun 2020, Kementrian Pertanian sangat mendukung budidaya sorgum sebagai bahan pangan alternatif sehingga diadakan program bantuan benih.

Resep olahan sorgum

Sorgum yang diolah menjadi tepung dan dicampur dengan tepung lain yang bebas gluten, maka akan menghasilkan olahan roti yang lezat. Penderita celiac tetap bisa menikmati roti bebas gluten yang aman. Berikut ini bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

  • 1/3 gelas tepung sorgum
  • 2/3 gelas tepung kacang
  • 1 gelas kanji jagung
  • 1 gelas tepung tapioka

Campur seluruh bahan hingga rata tanpa menggunakan air atau cairan yang lain. Hasilnya, bisa Anda simpan sebagai tepung bebas gluten yang siap dijadikan bahan dasar roti pengganti tepung terigu. Jika tidak langsung diolah, simpan campuran tepung tersebut ke dalam wadah kedap udara, tutup, dan letakkan di tempat yang kering.

Hidup Sehat

Benjolan di gusi bisa saja muncul saat Anda mengalami gangguan kesehatan di mulut. Sering kali, orang mengalami iritasi pada gusi di beberapa lokasi, alias tidak hanya pada satu titik saja. Penyebab paling umumnya adalah adanya penumpukan plak dan infeksi bakteri, sehingga menimbulkan rasa nyeri dan sakit gusi. Lebih parahnya lagi, penumpukan plak ini juga bisa menyebabkan perdarahan dan kemerahan pada gusi. Lantas, bagaimana dengan benjolan di gusi? Apakah penyebab sebenarnya? Yuk, cari tahu di sini!

7 Penyebab benjolan di gusi

Orang-orang sering mencemaskan jika ada suatu benjolan yang muncul di bagian tubuhnya, termasuk benjolan di gusi. Meskipun bukan kondisi yang darurat, benjolan di gusi juga menyebabkan nyeri, sakit, dan ketidaknyamanan lainnya. Bahkan, kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya kondisi serius yang mungkin sedang terjadi. Jadi, sebaiknya Anda perlu mengetahui penyebab munculnya benjolan di gusi.

  1. Kista.

Tidak hanya di bagian rahim, kista juga dapat terbentuk di gusi atau sekitar gigi. Sebagian besar, kista terbentuk di akar gigi yang telah mati atau terkubur. Kista ini tumbuh secara perlahan dan menimbulkan gejala jika terinfeksi. Anda mungkin akan merasa nyeri dan bengkak di sekitar benjolan. Proses pembedahan sering dilakukan untuk menghilangkan kista dan merawat jaringan akar gigi yang mati untuk mencegah kista kembali.

  1. Abses.

Benjolan di gusi dapat terjadi akibat abses pada gusi, yang disebut sebagai abses periodontal. Penyebabnya adalah infeksi bakteri. Abses terasa seperti benjolan lembut dan hangat, serta sangat menyakitkan. Bergantung dengan tingkat keparahan infeksi, pengobatan abses mungkin perlu dengan mencabut gigi atau melakukan perawatan pada saluran akar gigi untuk menghilangkan sumber infeksi dan mengeluarkan nanah. 

  1. Sariawan.

Sariawan adalah kondisi yang sering di alami kebanyakan orang. Meskipun tidak berbahaya, tetapi sariawan bisa sangat menyakitkan dan membuat Anda tidak nyaman, bahkan kehilangan selera makan. Sariawan dapat sembuh dengan sendirinya, biasanya dalam satu hingga dua minggu. Anda juga dapat mengonsumsi obat analgesik yang dijual bebas untuk meredakan nyerinya.

  1. Fibroma.

Fibroma mulut adalah penyebab paling umum dari benjolan di gusi. Fibroma adalah benjolan bukan kanker yang terbentuk pada jaringan gusi yang mengalami iritasi atau luka. Biasanya, iritasi gusi ini disebabkan oleh penggunaan gigi palsu, kawat gigi, atau perangkat mulut lainnya.

Fibroma biasanya terasa seperti benjolan keras, halus, berbentuk kubah, serta terlihat lebih gelap atau lebih terang dari gusi Anda. Kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Namun, jika benjolan sangat besar, mungkin butuh operasi untuk mengangkatnya.

  1. Granuloma piogenik.

Granuloma piogenik oral dapat berkembang di gusi Anda dan berisi darah. Penyebabnya masih belum jelas hingga saat ini, tetapi ada dugaan bahwa luka ringan dan iritasi berpengaruh. Umumnya, pengobatan granuloma piogenik adalah operasi atau pembedahan.

  1. Torus mandibula.

Torus mandibula adalah pertumbuhan tulang di rahang atas atau bawah atau keduanya yang tidak diketahui apa penyebabnya. Tori mandibula tumbuh secara perlahan dalam berbagai bentuk. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya benjolan di gusi yang terasa halus saat disentuh dan jarang memerlukan perawatan.

  1. Kanker mulut.

Kanker atau tumor mulut dapat menimbulkan gejala benjolan di gusi. Selain itu, gejala kanker mulut lainnya adalah rasa sakit, bercak putih atau merah di gusi, luka berdarah, sakit tenggorokan, lidah, dan rahang, gigi lepas, serta kesulitan mengunyah atau menelan. Oleh sebab itu, apabila benjolan di gusi Anda dikhawatirkan bersifat kanker, maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk memastikan dan memulai pengobatan sedini mungkin jika diperlukan.

Penyebab benjolan di gusi bisa bermacam-macam. Jika benjolan yang Anda alami masih berlangsung hingga lebih dari 2 minggu, maka sebaiknya Anda perlu menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika tidak, dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut, seperti infeksi atau kehilangan gigi.

Hidup Sehat

Suntik tetanus merupakan salah satu syarat yang perlu dilakukan oleh pasangan yang akan menikah, terutama calon pengantin wanita. Suntik tetanus, atau yang juga dikenal dengan istilah “imunisasi TT”, merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menekan angka terjadinya penyakit tetanus. Memang, sama halnya seperti prosedur medis lain, suntik tetanus bagi beberapa orang bisa menimbulkan efek samping. Namun secara umum, imunisasi ini tidak berbahaya untuk kesehatan. Efek samping suntik tetanus yang terjadi sebagian besar bersifat ringan. Efek samping ini bisa muncul, karena tubuh sedang membangun sistem imun yang akan digunakan untuk melawan bakteri tetanus di kemudian hari, apabila Anda terpapar. Namun pada beberapa orang yang mengalami alergi atau gangguan kesehatan lainnya, suntik tetanus malah bisa memicu efek samping yang cukup parah. Sejauh apa efeknya?

  1. Efek samping suntik tetanus yang ringan

Berikut ini beberapa gejala ringan yang dapat timbul setelah Anda menjalani suntik tetanus.

  • Rasa nyeri

Setelah disuntik tetanus, Anda bisa saja merasakan nyeri di area bekas penyuntikan. Kemerahan dan bengkak di area yang sama juga sering terjadi.Namun, hal ini tidaklah berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

  • Demam

Demam juga merupakan efek samping suntik tetanus yang umum terjadi. Suhu tubuh Anda bisa turun dengan sendirinya setelah beberapa saat.Namun, Anda juga bisa mengonsumsi obat penurun panas untuk meringankan gejala ini.

  • Sakit badan

Setelah suntik tetanus, Anda mungkin akan merasakan nyeri di badan. Jika nyeri cukup mengganggu, Anda bisa meredakannya dengan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

  1. Efek samping lainnya

Selain ketiga efek samping di atas, gejala lain juga bisa muncul sebagai akibat dari suntikan tetanus, seperti lemas, mual, muntah, dan sakit kepala.

  1. Efek samping suntik tetanus yang parah

Bagi beberapa orang, efek samping suntik tetanus bisa bisa cukup parah, terutama jika alergi terhadap vaksin ini. Gejala alergi yang mungkin muncul antara lain berupa:

  • Bentol-bentol di kulit
  • Gatal
  • Kesulitan bernapas
  • Kesulitan menelan
  • Kulit memerah, terutama di sekitar telinga
  • Pembengkakan pada wajah
  • Tubuh yang tiba-tiba sangat lemas

Alergi terhadap vaksin tetanus sangat jarang terjadi, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir akan hal tersebut. Namun apabila Anda atau anak mengalami gejala di atas setelah menjalani imunisasi, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk menerima perawatan alergi.Tetanus adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini hidup di tanah dan kotoran binatang. Artinya, bakteri tersebut tersebar di berbagai tempat dan sangat sulit untuk sepenuhnya dihindari. Bakteri penyebab tetanus bisa masuk ke tubuh melalui permukaan kulit yang terbuka akibat luka atau goresan kecil. Setelah masuk ke tubuh, bakteri ini bisa mengeluarkan racun yang memicu kejang, bahkan kematian. Maka dari itu, meski ada kemungkinan efek samping yang bisa terjadi, suntik tetanus tetap penting untuk dilakukan. Manfaat yang akan Anda dapatkan dari imunisasi ini lebih besar dibanding risiko yang mungkin muncul.

Hidup Sehat

Kapan Multivitamin Daya Tahan Tubuh Wajib Dikonsumsi?

Banyak orang menilai multivitamin daya tahan tubuh membantu Anda terhindar dari jenis penyakit serta menjaga badan tetap sehat dan bugar. Pernyataan tersebut tak sepenuhnya salah, namun ada beberapa hal penting yang harus diketahui.

multivitamin

Multivitamin daya tahan tubuh hanya mampu membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Dengan demikian, sistem imun akan membaik, tetapi tentunya juga harus disertai asupan gizi lain yang lengkap. Penyakit yang diderita pun bisa dicegah melalui kondisi sitem imun prima, bukan disembuhkan lewat konsumsi multivitamin. 

Konsumsi multivitamin memiliki aturan penggunaan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing agar manfaatnya tepat sasaran dan tidak menimbulkan bahaya. Berikut kondisi-kondisi dimana Anda baru bisa merasa membutuhkan asupan multivitamin.

  1. Ibu hamil

Biasanya ibu hamil dianjurkan mengonsumsi multivitamin asam folat, zat besi, vitamin D, vitamin C, dan kalsium. Jenis dan dosis vitamin dan mineral ini harus di bawah anjuran dokter. 

Asam folat dibutuhkan sebelum dan selama kehamilan dengan tujuan membentuk sistem syaraf pusat janin pada awal-awal kehamilan. Ibu hamil juga rentan mengalami anemia sehingga dibutuhkan asupan zat besi. Jika ibu mengalami gejala letih, lemas, dan lesu maka kemungkinan terjadi kekurangan darah. Konsumsi vitamin C membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. 

Saat kehamilan, ibu menyumbang kalsium untuk pertumbuhan dan perkembangan janin sehingga dibutuhkan asupan kalsium tambahan untuk memenuhi kebutuhannya. Vitam D membantu penyerapan kalsium. 

  1. Terindikasi kekurangan vitamin tertentu

Biasanya kejadian kekurangan vitamin dan mineral yang paling umum yaitu kekurangan vitamin D, vitamin B12, vitamin A, magnesium, kalsium, iodin, dan zat besi.

Kekurangan vitamin D pada orang dewasa ditandai dengan kelelahan otot, kehilangan kemampuan tulang dan peningkatan risiko tulang retak. Sedangkan kekurang vitamin A menyebabkan penurunan sistem imun dan gangguan penglihatan hingga kebutaan jika dibiarkan dalam jangka waktu lama.  

Gejala umum orang kekurangan magnesium kronis diantaranya kelelahan, kram otot, migrain, dan jantung berdetak cepat. Sedangkan kekurangan iodin ditandai dengan membesarnya kelenjar tiroid atau sering disebut gondok. 

Di dunia, sekitar 25% orang mengalami anemia. Masalah ini terutama sering terjadi pada ibu hamil dan remaja putri. Selain letih, lemas, dan lesu, gejala anemia mengakibatkan penurunan sistem imun dan ketidakseimbangan fungsi otak sehingga dibutuhkan asupan tambahan zat besi dan vitamin B12. 

  1. Anak-anak kekurangan gizi

Beberapa wilayah di Indonesia masih banyak ditemukan anak-anak yang kekurangan gizi. Biasanya vitamin yang diberikan untuk menunjang kebutuhannya yaitu vitamin A. Menurut WHO, anak dengan kondisi kekurangan gizi kronis membutuhkan 5000 IU vitamin A setiap harinya. 

Anak-anak tersebut akan mendapatkan dosis yang lebih tinggi apabila terdapat gejala kekuarangan vitamin A yang ditunjukkan melalui gangguan penglihatannya. Makanan dan larutan hidrasi kaya akan vitamin dan mineral juga diberikan secara berkala.  

  1. Vegan atau plant-based diet

Masih terdapat pro dan kontra mengenai kebutuhan multivitamin daya tahan tubuh untuk para vegan. Sebagian orang merasa konsumsi nabati saja cukup memenuhi kebutuhan gizi, namun sebagian lain berpendapat tidak. Terlepas dari perbedaan pendapat tersebut, ada baiknya untuk tetap melakukan pencegahan pemenuhan gizi. 

Beberapa vitamin yang disarankan untuk dikonsumsi selama menjalani diet vegan diantaranya adalah vitamin B12, vitamin D, omega-3, iodin, zat besi, kalsium, dan zink.  

  1. Lanjut usia

Lansia perempuan sangat rentan mengalami osteoporosis karena telah memasuki fase menopause sehingga dibutuhkan tambahan vitam D dan kalsium. Suplemen vitamin B12 juga diperlukan karena penyerapan di saluran pencernaannya sudah tidak berjalan optimal jika hanya mengandalkan asupan vitamin B12 dari makanan saja. 

Jika lansia memiliki komplikasi penyakit lain, maka multivitamin disesuaikan dengan kebutuhannya. Terlebih jika sedang mengonsumsi obat karena beberapa obat memiliki efek samping kekurangan vitamin tertentu. 

  1. Setelah menjalani operasi

Beberapa jenis operasi membutuhkan perlakuan terapi tambahan, baik sebelum atau sesudahnya. Terapi tersebut bisa berupa perubahan pola hidup maupun pemberian multivitamin suplemen. Salah satu contohnya pada operasi batriatic remaja obesitas. 

Metabolisme yang berubah akibat penurunan berat badan drastis setelah operasi menyebabkan kebutuhan tambahan vitamin B12, kalsium, dan zat besi (khususnya pada remaja perempuan yang telah mengalami menstruasi). Pemberian multivitamin ini kemungkinan akan diberikan dalam jangka waktu panjang. 

Jika Anda merasa sehat maka pemberian multivitamin daya tahan tubuh sebaiknya dimiminimalisir karena beberapa hanya akan dibuang lewat urin jika tak diperlukan oleh tubuh. Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral menggunakan asupan makanan dan minuman sehari-hari. 

Hidup Sehat

Smoothies merupakan minuman bergizi dan penuh nutrisi. Minuman ini merupakan pilihan alternatif jikalau Anda bosan mengonsumsi buah secara langsung.

Smoothies  hampir mirip dengan jus buah pada umumnya. Bedanya, tekstur jus lebih cair dibandingkan smoothies. Perbedaan ini berasal dari cara pembuatannya, dimana pada jus dilakukan penyaringan sementara smoothie tidak.

Mengonsumsi smoothies dipercaya memiliki beragam manfaat kesehatan, salah satunya menurunkan berat badan. Untuk mendapat manfaat ini, Anda bisa mencoba melakukan diet smoothie.

Apa itu diet smoothies?

Diet smoothies pertama kali dikenalkan oleh Drew Sgoutas, seorang pelatih kesehatan bersertifikat sekaligus ahli nutrisi. Ia membuat rencana diet meminum smoothie selama 21 hari.

Dalam rencana diet ini, Anda dianjurkan meminum dua kali smoothie per hari sebagai pengganti sarapan dan makan siang. Untuk makan malam, Anda dibebaskan mengisi piring dengan jenis makanan apapun, namun tetap yang berkalori rendah.

Seminggu sekali, Anda boleh melakukan cheat day, yaitu mengonsumsi makanan selain smoothie dalam satu hari penuh. Pilih makanan ringan yang rendah gula dan tinggi serat untuk mempercepat penurunan berat badan.

Pilihan makanan diet smoothies

Bahan-bahan smoothie bervariasi, namun lebih terfokus pada buah-buahan, sayur, protein, dan lemak sehat. Anda juga bisa mengombinasikan keduanya sekaligus. Yang terpenting, komposisi nutrisi yang terkandung pada smoothie seimbang.

Ada beragam menu diet smoothie yang bisa Anda coba. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang rendah kalori.

Pro dan Kontra Diet Smoothies

Terlepas dari betapa sehatnya mengonsumsi smoothie, aturan diet ini menuai pro dan kontra. Karena berfokus pada buah dan sayur, diet ini tentu lebih rendah kalori dan kaya akan fitonutrien.

Fitonutrien memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Fitonutrien juga berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, mengatur hormon, anti-aging, hingga anti-kanker.

Selain itu, berbeda dengan diet kebanyakan, diet smoothie tidak perlu menghitung berapa banyak karbohidrat dan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Namun, ada beberapa kekurangan diet smoothies antara lain:

  1. Tak mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh

Mengonsumsi sayur dan buah tak cukup memenuhi kebutuhan protein dan lemak sehat dalam tubuh. Sedangkan sumber protein dan lemak terbaik ada di daging merah.

Jika Anda mengikuti diet ini, disarankan mengonsumsi hingga 50 gram protein setiap hari. Pastikan secangkir smoothie mengandung protein, lemak, dan karbohidrat yang cukup.  

Sebagai tambahan, satu hingga dua sendok biji chia dapat ditambahkan ke dalam smoothie. Biji chia juga akan menambah kadar serat pada minuman sehat Anda.

  • Tinggi gula

Buah-buahan lebih cenderung tinggi gula karena kandungan gula alaminya. Karena hal ini, penderita diabetes sangat tidak disarankan mengikuti diet ini.

Jika tetap ingin mencobanya, Anda bisa membuat smoothie sayur-sayuran tanpa tambahan gula.

  • Hasil diet smoothies tidak permanen

Diet defisit kalori sangat tidak dianjurkan, terutama bagi Anda pemula diet.

Setelah beberapa saat mengikuti pola diet ini, awalnya Anda mungkin mengalami penurunan berat badan. Namun, hasil penurunan berat badan ini tidak permanen. Bisa saja Anda kembali ke berat badan awal sewaktu-waktu setelah menyelesaikan siklus diet smoothies.

Diet smoothies termasuk ke dalam salah satu diet defisit kalori. Rencana diet ini mengurangi kalori sebanyak mungkin dan mengganti makanan dengan cairan.

Saat pertama kali menjalani diet smoothies, jalankanlah rencana diet dengan fleksibel. Anda bisa memulainya dengan mengganti sarapan dengan smoothie, dan tetap mengonsumsi makanan saat siang dan malam hari. Kemudian Anda bisa menyesuaikannya dan melanjutkan hingga siklus 21 hari.  

Hidup Sehat

Nutrisi Penting Untuk Lapisan Anatomi Kulit

Kulit manusia merupakan salah satu bagian tubuh yang berperan penting namun jarang diperhatikan. Pemberian nutrisi pada kulit seringkali diabaikan oleh banyak orang. Padahal anatomi kulit pada tubuh manusia terdiri dari berbagai lapisan sehingga memerlukan nutrisi yang kompleks dan bermacam-macam. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan kulit merupakan bagian yang menunjang berbagai fungsi tubuh manusia. Kulit perlu dijaga terus menerus sebab seiring bertambahnya usia dan berubahnya kondisi medis maka kualitasnya pun bisa menurun drastis. Oleh karena itu, pastikan bahwa nutrisi bagi kulit seimbang dan tercukupi.

anatomi kulit

Berbagai lapisan anatomi kulit

Anatomi kulit manusia terdiri dari 3 lapisan yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis. Ketiganya memiliki peran dan fungsi yang berbeda bagi tubuh. Berikut penjelasan lengkapnya!

  1. Epidermis

Lapisan epidermis merupakan bagian dari struktur anatomi kulit manusia yang paling luar. Epidermis sendiri dibentuk dari 5 stratum atau lapisan sel yaitu stratum korneum, stratum lusidium, stratum granulosum, stratum spinosum, dan stratum basale. Ciri dari epidermis yaitu tidak adanya pembuluh darah sehingga membutuhkan bantuan lapisan lain yang lebih dalam untuk memberikan pasokan nutrisi.

  • Dermis

Lapisan kedua di bawah epidermis disebut lapisan dermis. Anatomi kulit yang satu ini lebih kompleks secara struktur penyusunnya jika dibandingkan dengan lapisan epidermis. Tiga struktur dari lapisan dermis yaitu serat kolagen, serat retikular, dan serat elastis. Kandungan yang terdapat pada lapisan dermis pun juga cukup komplek. Terdapat pembuluh darah bersama dengan sistem limfatik, ujung saraf, jaringan penyambung, sel imunitas kulit, kelenjar keringat, kelenjar minyak, dan folikel rambut.

  • Hipodermis

Anatomi kulit paling dalam yaitu hipodermis yang terletak di bawah dermis. Hipodermis terdiri dari jaringan lemak yang berfungsi sebagai isolasi dan bantalan panas tubuh manusia. Fungsi lain dari hipodermis yaitu melekatkan kulit dengan tulang dan otot serta menyuplai pembuluh darah.

Mengapa nutrisi penting bagi anatomi kulit?

Meski tidak disadari, kulit memiliki tugas yang cukup signifikan bagi tubuh. Anatomi kulit secara keseluruhan berfungsi untuk melindungi otot, tulang, dan organ internal. Tidak hanya itu, kulit pun berperan aktif untuk memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit, menjaga suhu tubuh stabil, membantu sintesis vitamin D, serta melindungi tubuh dari kuman, zat kimia, dan virus. Dengan berbagai tugas yang komplek tersebut, tentunya kulit membutuhkan nutrisi yang cukup serta sesuai dengan jenis lapisannya. Apabila kebutuhan nutrisi bagi kulit tidak terpenuhi, maka berbagai proses tubuh yang memerlukan peran kulit akan mengalami penurunan dan bisa berakibat buruk.

Jenis-jenis nutrisi untuk kulit

Sama seperti organ tubuh yang lain, kulit membutuhkan pasokan nutrisi agar bekerja dengan maksimal. Berikut ini beberapa jenis nutrisi yang baik bagi anatomi kulit.

  1. Air mineral 

Nutrisi yang cukup penting bagi kulit yaitu air mineral. Pastikan kebutuhan air mineral tercukupi setiap harinya sehingga kulit tetap lembab. Selain itu, air mineral bisa membantu mengeluarkan racun dan mengurangi garis kerutan di kulit. 

  • Berbagai jenis vitamin 

Vitamin merupakan nutrisi penting bagi kulit terutama lapisan epidermis. Berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, E, C, dan D cukup baik bagi kulit. Vitamin A berfungsi untuk mengurangi kerutan, mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, serta membantu proses pembentukan keratin. Vitamin E khusus melindungi dari paparan sinar matahari dan menghadapi kerusakan karena radikal bebas. Vitamin C bertugas melindungi kulit dari paparan sinar UV dan membantu proses sintesis kolagen. Vitamin D berperan aktif menutrisi kulit sehingga mempercepat proses perbaikan pada lapisan epidermis serta membantu sistem imunitas. 

  • Omega 3

Omega 3 merupakan nutrisi yang juga penting bagi kulit. Omega 3 merupakan nutrisi eksternal karena tubuh tidak memproduksinya secara mandiri. Perbanyak konsumsi seperti ikan salmon dan ikan sarden agar kebutuhan omega 3 bagi kulit terpenuhi. Omega 3 sendiri membantu agar kulit tetap elastis.

  • Antioksidan 

Antioksidan merupakan nutrisi yang juga penting bagi kulit karena berfungsi untuk mengendalikan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Memberikan nutrisi bagi kulit tentu bukan hanya harus tepat, namun juga konsisten dan teratur sehingga memberikan hasil yang terbaik bagi seluruh lapisan anatomi kulit yang ada di tubuh. Jika merasa membutuhkan konsultasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi dokter kulit sehingga mendapatkan saran dan masukan lebih lanjut.

Hidup Sehat

Melanin adalah pigmen, atau warna, dari kulit, rambut, dan mata seseorang. Umumnya, orang-orang dengan warna kulit yang lebih gelap memiliki jenis melamin yang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang memiliki kulit cerah. Genetik seseorang menentukan warna kulit dan level melanin yang dimiliki. Melanin merupakan pelindung alami dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Mereka yang memiliki lebih banyak melanin mempunyai risiko lebih rendah terkena kanker kulit atau kulit terbakar akibat matahari, menurut Lembaga Kanker Amerika. Warna kulit yang coklat setelah berjemur merupakan sebuah tanda bahwa kulit melepaskan melanin, dan merupakan cara kulit melindungi dirinya dari kerusakan. Namun, para ahli juga menghungkan paparan sinar matahari, kulit terbakar matahari, dan warna coklat kulit dengan kerusakan dan kanker kulit.

Tidak ada penelitian saat ini yang benar-benar membuktikan bahwa makanan atau suplemen tertentu dapat meningkatkan level jenis melanin seseorang. Akan tetapi, mengonsumsi beberapa nutrisi tertentu dapat membantu kulit melindungi dirinya sendiri dari kerusakan UV dan kanker kulit. Ada pula cara-cara tertentu untuk membuat kulit tampak coklat tanpa perlu merusaknya menggunakan sinar UV.

  • Antioksidan

Antioksidan menunjukkan potensi terkuat untuk meningkatkan produksi melanin. Meskipun studi dan percobaan/tes kualitas tinggi tentang hal ini masih dibutuhkan, beberapa peneliti percaya bahwa antioksidan dapat membantu produksi melanin. Nutrisi mikro seperti flavonoid dan polifenol, yang mana berasal dari sayuran dan buah yang kita makan, bertindak sebagai antioksidan yang kuat dan mungkin dapat memengaruhi produksi melanin. Cobalah mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti sayuran hijau, buah beri, coklat hitam, dan sayur-sayuran berwarna-warni untuk mendapatkan antioksidan lebih. Mengonsumsi vitamin dan suplemen mineral juga dapat membantu meningkatkan jenis melanin.

  • Vitamin A

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin A penting untuk produksi melanin dan dibutuhkan apabila Anda ingin memiliki kulit yang sehat. Anda bisa mendapatkan vitamin A dari makanan seperti sayuran yang mengandung beta carotene seperti wortel, ubi jalar, bayam, dan kacang polong.

Mengingat vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan, beberapa peneliti percaya bahwa vitamin ini juga memegang peran penting dalam produksi melanin. Namun, penelitian lebih masih dibutuhkan untuk benar-benar membuktikan bahwa vitamin A dapat meningkatkan jenis melanin pada manusia. Saat ini, klaim bahwa vitamin A dapat meningkatkan produksi melanin hanya bersifat anecdotal. Akan tetapi, mengonsumsi vitamin A (terutama retinol) dapat memiliki manfaat menyehatkan kulit.

Salah satu jenis karotenoid (zat yang memberi warna merah, kuning, dan jingga pada sayuran) ditemukan dalam vitamin A. Zat ini juga memainkan peran penting dalam produksi melanin dan perlindungan UV sinar matahari. Penting diingat bahwa vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak, sehingga dapat menumpuk di dalam tubuh. Institut Kesehatan Nasional menyarankan konsumsi vitamin A sebesar 700 mcg untuk wanita dan 900 mcg untuk pria setiap harinya.

  • Vitamin E

Vitamin E merupakan jenis vitamin yang penting untuk kesehatan kulit, dan merupakan sebuah antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan produksi melanin. Anda bisa mendapatkan vitamin E dari sayuran, gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Beberapa penelitian menyatakan mungkin ada beberapa cara dalam meningkatkan jenis melanin. Meskipun temuan tersebut tidak benar-benar terbukti, konsumsi antioksidan dan vitamin A dianggap bisa meningkatkan level jenis melanin. Mengonsumsi makanan sehat dan suplemen yang mengandung vitamin dan antioksidan juga dapat membantu Anda merawat kulit dan mengurangi risiko kanker kulit.

Hidup Sehat

Kamar Berantakan, Pertanda Anda Depresi?

Sebagian orang mungkin menganggap kamar berantakan adalah hal yang biasa, namun pada sebagian orang lagi hal tersebut amatlah mengganggu. Kamar berantakan bisa terjadi pada remaja ataupun orangtua yang memiliki anak kecil.

kamar berantakan

Tapi tahukan Anda, bahwa kamar yang berantakan bisa menjadi pertanda Anda memiliki gangguan kesehatan mental, depresi misalnya. Depresi adalah penyakit medis yang umum dan serius yang berdampak negatif pada perasaan, cara berpikir, serta Tindakan Anda.

Depresi dapat menyebabkan perasaan sediih atau kehilangan minat pada aktivitas yang pernah diinikmati. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik yang dapat menurunkan kemampuan seseorang untuk berfungsi di tempat kerja atau rumah.

Depresi dan hadir dengan berbagai gejala, salah satunya memiliki kamar yang selalu berantakan. Berikut beberapa gejala depresi yang bervariasi dari ringan hingga berat bisa menyebabkan kamar mereka berantakan dan beberapa hal lainnya.

  • Kelelahan yang terus menerus menjadi tanda awal dari depresi. Gejala ini membuat seseorang tidak memiliki energi atau motivasi untuk membersihkan kamar mereka. 
  • Seseorang yang depresi sering kali menghindari situasi sosial. Itu artinya mereka lebih sering menghabiskan waktu di kamar mereka dan justru malah menyebabkan makin kacau.
  • Rasa putus asa dan sedih sering kali muncul bersamaan dengan depresi. Akibatnya, seseorang tersebut mungkin merasa tidak ada alas an untuk membuat kamarnya menjadi lebih rapi.
  • Gejala fisik yang biasanya muncul karena depresi adalah sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan pada kepala dan perut. Seseorang yang menderita masalah ini biasanya cenderung tidak memprioritaskan kamar yang bersih.
  • Sulit berkonsentrasi adalah gejala lain dari depresi. Kurangnya fokus ini dapat membuat seseorang sulit untuk mengerjakan sesuatu, termasuk membersihkan kamarnya.
  • perasaan gagal dan kritik diri sendiri pun terjadi pada orang yang depresi. Alhasil, mereka menganggap bahwa mereka tidak pantas mendapatkan kamar yang bersih dan teratur. Tinggal di kamar berantakan mungkin merupakan cara alam bawah sadar untuk menghukum diri sendiri.
  • Makan berlebihan dan kebiasaan makan yang terganggu sering kali menyertai depresi. Jika seseorang mengurung diri di dalam kamar dan ngemil di malam hari atau sepanjang hari, bisa jadi mereka depresi dan kondisi tersebut akan membuat mereka semakin kacau.
  • Kesulitan tidur atau terlalu banyak tidur.
  • Merasa tidak berharga atau bersalah.
  • Kehilangan energi atau peningkatan kelelahan.
  • Berpikiran tentang kematian atau bunuh diri.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kekacauan berkaitan dengan kecemasan dan dapat membuat orang merasa tertekan. Hal ini sama dengan kondisi kamar berantakan. Ruangan yang berantakan juga dapat menimbulkan stres dan emosi negatif lainnya.

Kamar berantakan tanda depresi

Jika Anda biasanya termasuk orang yang rapi dan teratur, lalu tiba-tiba Anda menjadi tidak peduli dengan ruangan yang berantakan bisa jadi hal tersebut merupakan suatu tanda bahwa ada sesuatu yang terjadi dalam hidup.

Misalnya saja kondisi tersebut karena depresi. Orang yang depresi sering kali merasa terlalu Lelah ataupun putus asa untuk melakukan kegiatan atau tugas rumah tangga. Depresi tersebut pun membuat Anda sulit untuk tetap fokus dan memiliki energi untuk membereskan kamar berantakan.

Banyak orang yang berjuang untuk mengahdpai depresi yang mereka alami, di mulai dari membersihkan kamar berantakan. Jadi, mulailah dari hal kecil tersebut untuk membuat keadaan lebih baik. Jika lingkungan Anda baik, rapi dan enak dilihat, maka depresi yang Anda alami pun sedikit demi sekidit akan mereda.

Memang bukan hal yang mudah untuk mengubah kondisi yang suah kacau, namun mulailah untuk memotivasi diri sendiri. Depresi adalah penyakit yang nyata dan membutuhkan bantuan orang lain.  Dengan diagnosis yang tepat, Sebagian penderita depresi akan bisa mengatasinya. Jadi, ada baiknya untuk menemui dokter atau psikiater untuk membantu Anda.

Hidup Sehat