Industri perfilman, terutama Hollywood, kerap membungkus tokoh utamanya dengan glorifikasi. Permasalahan yang kerap didapati di lingkungan, seperti Autism Spectrum Disorder (ADS), dikesampingkan. Kalau pun ada, dihadirkan dengan penyederhanaan yang tidak tepat.

Namun, diantara ribuan film yang beredar, terdapat sejumlah judul yang dianggap menggambarkan kehidupan seseorang dengan autisme secara akurat. Berikut ringkasan tujuh film dengan tema autisme sembilan tahun terakhir, termasuk satu film Indonesia.

Adam

Tahun rilis: 2009

Sutradara: Max Mayer

Pemain: Hugh Dancy, Rose Byrne

Sinopsis: Komedi romantis tentang Adam, mekanis kelistrikan dengan autisme, yang berupaya menjalin hubungan dengan Beth, tetangga di apartemennya.

My Name Is Khan

Tahun rilis: 2010

Sutradara: Karan Johar

Pemain: Shah Rukh Khan, Kajol.

Sinopsis: Menceritakan tentang Rizvan Khan, pemuda Hindustan dengan autisme. Di tengah keterbatasannya, dia berkesempatan berbicara dengan Presiden Amerika Serikat dan melakukan perjalanan lintas negara.

Ocean Heaven

Tahun rilis: 2010

Sutradara: Xiaolu Xue

Pemain: Jet Li, Zhang Wen

Sinopsis: Wang Xincheng, seorang pengidap kanker, berencana melakukan bunuh diri di tengah laut dengan mengajak anaknya yang autisme. Xincheng takut tidak ada yang menjaga anaknya setelah dia meninggal. Ternyata Wang Dafu, si anak, mewarisi bakat renang dari ibunya dan menyelamatkan ayahnya.

Temple Grandin

Tahun rilis: 2010

Sutradara: Mick Jackson

Pemain: Claire Danes, Julia Ormond

Sinopsis: Film biopic tentang Temple Grandin, perempuan dengan autisme, yang mengubah praktik peternakan dan penyembelihan hewan menjadi lebih manusiawi.

Fly Away

Tahun rilis: 2011

Sutradara: Janet Grillo

Pemain: Beth Broderick, Ashley Rickards

Sinopsis: Mengisahkan kehidupan seorang orang tua tunggal serta puterinya dengan autisme. Seiring pertumbuhan usia si anak, sang ibu menyadari cara berinteraksinya harus diubah.

The Story of Luke

Tahun rilis: 2012

Sutradara: Alonso Mayo

Pemain: Lou Taylor Pucci

Sinopsis: Setelah nenek sekaligus pengasuhnya meninggal, Luke, pemuda 25 tahun dengan autisme, harus belajar hidup mandiri. Dia berjuang mencari cinta dan penghidupan.

Rectoverso / Malaikat Juga Tahu

Tahun rilis: 2013

Sutradara: Marcella Zalianty

Pemain: Lukman Sardi, Prisia Nasution

Sinopsis: Abang, pemuda dengan autisme, tinggal bersama ibunya yang punya kos-kosan. Abang jatuh hati kepada Leia, penghuni kos. Sang Bunda cemas karena menyadari harapan anaknya sulit terwujud.

Parenting

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*