Benarkah Kekurangan Vitamin Sebabkan Bibir Pecah-Pecah?

Bibir kering atau bibir pecah-pecah dapat menjadi penyebab terjadinya suatu penyakit atau kondisi tertentu pada tubuh. Keretakan pada bibir bisa muncul di permukaan, dan bibir bisa terasa sakit hingga berdarah.

bibir pecah pecah

Kondisi ini sering disebut juga sebagai cheilitis, di mana kondisi umum yang ditandai dengan kekeringan, kemerahan, ataupun retakan pada bibir. Banyak faktor yang menyebabkan bibir pecah, seperti cuaca dingin, paparan sinar matahari dan dehidrasi. Akan tetapi, bibir pecah-pecah bisa menjadi suatu pertanda sesuatu yang lebih serius, misalnya kekurangan nutrisi tertentu. Jadi kekurangan vitamin dan mineral apa sajakah yang menyebabkan bibir pecah?

Kekurangan nutrisi

  • Zat Besi

Zat besi sangat diperlukan untuk beberapa proses dalam tubuh, termasuk transportasi oksigen, sintesis DNA, dan produksi sel darah merah. Selain itu, mineral pun memainkan peranan penting dalam kesehatan kulit, penyembuhan luka dan penyembuhan peradangan.

Kekurangan zat besi dapay menyebabkan chelitis yang ditandai dengan peradangan dan kekeringan pada satu atau dua sisi mulut Anda. Dan, kekurangan mineral pun dapat menyebabkan kulit pucat, kuku rapuh dan kelelahan.

  • Zinc

Zinc merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan Anda. Faktanya, kekurangan zinc dapat merusak kesehatan kulit, pencernaan, mengganggu fungsi kekebalan tubuh, kesehatan reproduksi, dan pertumbuhan serta perkemabangan. Kekurangan zinc pun dapat menyebabkan bibir pecah-pecah, serta kering, iritasi, dan perdangan pada sisi mulut Anda. Gejala lain yang disebabkan oleh kurangnya zinc adalah diare, penurunan kekebalan, borok kulit dan rambut rontok.

  • Vitamin B

Vitamin B adalah jenis vitamin yang terlibat dalam produksi energi, fungsi sel, perbaikan jaringan dan penyembuhan luka. Bibir pecah-pecah merupakan gejala umum dari defisiensi terutama pada folat (vitamin B9), riboflavin (vitamin B2), dan vitamin B6 dan B12.

Seseorang dengan kelainan yang mempengaruhi penyerapan nutrisi, seperti gastritis kronis sangat rentan terhadap kekurangan vitamin. Selain itu, kekurangan vitamin B dapat menyebabkan dermatitis, depresi, mudah marah dan kelelahan.

Penyebab lain bibir pecah-pecah

Selain kekurangan nutrisi, beberapa kondisi lain dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Misalnya saja seperti kondisi cuaca dingin atau berangin yang dapat menyebabkan bibir Anda mengering dan menjadi pecah-pecah. Dehihdrasi serta sering menjilat bibir secara berlebihan pun dapat membuat bibir kering hingga pecah-pecah.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab lain bibir pecah-pecah yang lebih mengkhawatirkan.

  • Reaksi alergi

Jika bibir Anda terlihat kering dan pecah-pecah, bisa jadi ini merupakan tanda dari reaksi alergi. Hal ini bisa menjadi alergi terhadap kosmetik bibir yang Anda gunakan. Biasanya ada kandungan tertentu pada kosmetik bibir tersebut yang menimbulkan reaksi tersebut. Bahkan, bisa menjadi reaksi alergi makanan tertentu.

  • Dehidrasi

Bibir kering, bibir pecah-pecah, mulut dan mata adalah satu tanda Anda dehidrasi atau kekurangan cairan. Untuk menghindarinya, ada baiknya untuk setidaknya mengonsumsi air minimal 8 gelas per hari. Anda juga dapat menggunakan pelembab bibir dengan bahan-bahan yang melembabkan nseperti shea butter ataupun jojoba.

  • Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah, hingga seperti retakan. Tidak hanya melindungi kulit dari matahari, Anda pun disarankan untuk melindungi bibir dari sinar UV yang dapat menyebabkan peradangan. Bahkan ketika sudah masuk musim dingin.

  • Terlalu banyak vitamin A

Mengonsumsi vitamin memang baik untuk tubuh, tetapi terlalu banyak mengonsumsi pun tidak akan baik bagi tubuh. Pasalnya, bibir pecah-ppecah bisa menjadi salah satu tanda Anda kelebihan vitamin A. Kondisi seperti ini dapat terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin A. Padahal dengan makanan ataupun minuman yang mengandung vitamin A sudah cukup.

Dalam beberapa kasus, mengoleskan lip balm sepanjang hari adalah cara termudah untuk merawat bibir pecah-pecah dan kering. Nah, untuk bibit yang sangat kering, mengelupas, atau pecah-pecah Anda dapat mengoleskan salpe yang lebih tebal, seperti petroleum jelly. Jika Anda merasa kekurangan gizi, bicarakan hal tersebut dengan ahli gizi Anda dan kunjungi dokter jika keadaan tidak juga membaik bahkan cenderung memburuk.

Hidup Sehat

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*