Jerawat bruntusan adalah masalah kulit yang selalu bikin frustasi, karena tidak mudah diatasi dan termasuk sulit mengontrol kehadirannya. Ini bisa membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan perawatan rutin untuk menghilangkannya. Selain itu, jerawat bruntusan juga sangat dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup. Jerawat ini sering kali muncul di bagian dahi, dagu, dan pipi. Lantas, bagaimana ya cara menghilangkan jerawat bruntusan secara alami dan secepat mungkin? Ini dia!

4 Cara menghilangkan jerawat bruntusan secara alami

Jerawat bruntusan dikenal juga dengan closed comedones atau whitehead. Berbeda dengan jerawat pada umumnya, jerawat bruntusan tidak seperti luka terbuka, kering, dan terasa kasar saat disentuh. Terkadang, juga bisa menimbulkan rasa gatal di bagian kulit yang mengalaminya. 

Meskipun ada beberapa perawatan konvensional untuk menghilangkan jerawat bruntusan, tetapi sering kali dikaitkan dengan efek samping, seperti iritasi dan kulit jadi kering. Maka dari itu, orang mulai beralih dengan perawatan secara alami. Meskipun mungkin hasilnya tidak secepat perawatan konvensional, tetapi perawatan secara alami sangat minim efek samping.

Adapun 4 cara menghilangkan jerawat bruntusan secara alami yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  1. Tea tree oil.

Minyak ini juga dapat membantu mengatasi jerawat bruntusan dengan cara mengurangi produksi sebum dan menenangkan kulit. Penting untuk diperhatikan bahwa meskipun tea tree oil sangat manjur, tetapi tidak disarankan dioleskan langsung ke kulit. Anda harus mengencerkannya terlebih dahulu dengan minyak pembawa, seperti olive oil, sebelum digunakan.

Cara menggunakan tea tree oil, yaitu:

  • Ambil 1 tetes tea tree oil dan 1 sendok teh minyak pembawa, lalu aduk hingga merata.
  • Celupkan kapas bersih ke dalam campuran tersebut, lalu oleskan langsung ke jerawat.
  • Ulangi setidaknya 1 – 2 kali sehari, sesuai kebutuhan.
  1. Minyak esensial lainnya.

Minyak esensial lainnya yang juga dapat membantu menghilangkan jerawat bruntusan dengan cepat, karena bersifat antibakteri dan antiinflamasi. Minyak esensial dari kayu manis, mawar, lavender, rosemary, dan cengkeh telah terbukti efektif melawan bakteri penyebab jerawat S. epidermidis dan P. acnes lebih cepat dibandingkan obat jerawat konvensional. Seperti tea tree oil, tidak disarankan menggunakan seluruh minyak esensial ini dalam keadaan pekat, harus diencerkan terlebih dahulu dengan minyak pembawa. 

Cara mengaplikasikan minyak esensial untuk mengatasi jerawat bruntusan:

  • Campurkan 10 tetes minyak esensial dengan 30 mL minyak pembawa.
  • Celupkan kapas ke dalam campuran, lalu oleskan langsung ke jerawat.
  • Ulangi setidaknya 1 – 2 kali sehari, sesuai kebutuhan.
  1. Teh hijau. 

Teh hijau dapat membantu menghilangkan jerawat bruntusan, karena tinggi antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Senyawa ini telah terbukti melawan peradangan, menekan produksi sebum, dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada kulit yang rawan jerawat.

Cara menggunakan teh hijau untuk mengatasi jerawat bruntusan:

  • Seduh teh hijau dengan air panas selama 3 – 4 menit. Tunggu hingga teh dingin.
  • Anda bisa menggunakannya dengan dua cara, yaitu oleskan ke wajah dengan kapas yang telah dicelupkan ke air teh atau semprotkan langsung ke wajah dengan botol semprot.
  • Diamkan selama 10 menit atau semalaman, lalu bilas wajah dengan air bersih.
  • Lakukan sekitar 1 – 2 kali sehari atau sesuai kebutuhan. 
  • Air teh juga dapat disimpan di lemari es hingga 2 minggu.
  1. Lidah buaya.

Gel lidah buaya telah terbukti efektif membantu mengurangi peradangan, melawan bakteri, dan mempercepat penyembuhan luka. Inilah yang membuat lidah buaya jadi populer untuk merawat kesehatan kulit, termasuk jerawat bruntusan. Meskipun belum ada penelitiannya secara langsung, ini diduga karena lidah buaya mengandung lupeol, asam salisilat, nitrogen urea, asam kayu manis, fenol, dan belerang. Kandungannya ini yang dapat menghambat bakteri penyebab jerawat.

Cara menggunakan gel lidah buaya untuk jerawat bruntusan:

  • Ambil gel daun lidah buaya dengan sendok.
  • Oleskan gel ke kulit. Disarankan agar Anda juga menerapkan perawatan jerawat lainnya, seperti dengan minyak esensial cengkeh untuk meningkatkan efektivitas kerjanya.
  • Ulangi setidaknya 1 – 2 kali sehari, atau sesuai keinginan.

Inilah 4 cara menghilangkan jerawat bruntusan secara alami, bahkan bisa lebih cepat hasilnya daripada perawatan konvensional. Namun, penting untuk Anda melakukan uji tempel terlebih dahulu ke kulit, terutama minyak esensial, untuk memastikan tidak ada reaksi alergi yang muncul. Jika jerawat bruntusan Anda tidak kunjung membaik atau semakin parah, maka segeralah bawa ke dokter spesialis kulit. Mungkin saja, pengobatan dokter akan lebih ampuh untuk mengatasi jerawat bruntusan Anda.

Kesehatan Kulit

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*